Dinas Koperasi dan UMKM Terus Dorong UMKM Melek Digital

Bandar Lampung – Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berkembang dengan memanfaatkan media digital.



Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Samsurijal Ari mengatakan sektor UMKM memiliki kontribusi yang cukup besar dalam pemulihan ekonomi daerah.

“Pasca covid kami mendorong UMKM meningkatkan literasi digital untuk penggunaan marketing digital pasar ternyata berhasil, pertumbuhan ekonomi lampung naik dan itu diyakini disumbang oleh kontribusi kinerja UMKM,” ujar Samsurijal Ari.

Menurutnya, dari jumlah total UMKM yang ada setidaknya sebanyak 70 persen telah mampu memanfaatkan teknologi digital, bahkan secara mandiri.

“70 persen sekarang sudah mampu dari total 250.000-an karena sebagian besar UMKM kita ada di sektor kuliner berbahan pangan pertanian. Kemarin kita liat penggunaan marketing digital itu berhasil mereka memanfaatkan market place dan medsos yang mereka mulai secara mandiri,”

Selain memanfaatkan sarana digital sebagai tempat untuk promosi dan pembayaran, Dinas juga mendukung pemasaran UMKM dengan menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk media promosi.

“Sekarang masuk recovery ekonomi, kita mendorong supaya UMKM memanfaatkan digital, literasi sudah bagus. Juga memanfaatkan peluang pasar dengan menggunakan media seperti pameran. Hampir setiap bulan pemerintah menggelar pameran untuk mendorong UMKM agar memanfaatkan sarana tersebut,” ungkapnya.

Terhadap seluruh pelaku usaha UMKM dan UKM, Pemerintah juga telah menyediakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Sebagai penyedia jasa non-finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan UMKM.

Untuk meningkatkan kinerja produksi, pemasaran, akses ke pembiayaan, pengembangan SDM melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis dan manajerial. Serta kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing.

“Kami membentuk lembaga inkubasi ini mendorong UMKM naik kelas, market place jadi satu di dalam PLUT, ” ujar dia.

Post a Comment

Previous Post Next Post