Kadisdikbud Eka Afriana Pimpin Upacara Ziarah Kubur di TMP Tanka Peringatan HUT Ke-78 PGRI & HGN 2023

  


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd, pimpin upacara ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan Tanjung Karang, Sabtu pagi, 9 Desember 2023.


Upacara ziarah kubur dalam rangka memperingati HUT ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2023, diikuti guru serta kepala TK/PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kota Bandar Lampung.

Peserta upacara dengan mengenakan seragam lengkap khas PGRI, itu tampak khusyuk saat mengikuti upacara ziarah kubur di TMP Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung.

Tak hanya itu, Kepala Disdikbud yang juga Pembina PGRI Bandar Lampung, meletakkan karangan bunga di monumen TMP. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan penghormatan dan doa kepada para pahlawan.

Usai upacara, Kepala Disdikbud didampingi Ketua PGRI Kota Bandar Lampung Drs. Yuni Herwanto, M.Pd, beserta pengurus PGRI lainnya, secara bergantian melakukan tabur bunga di pusara makan pahlawan.
Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Eka Afriana, mengatakan ziarah kubur bersama guru-guru dan pengurus PGRI Kota Bandar Lampung di TMP adalah untuk mengenang perjuangan para pahlawan.

Ziarah kubur katanya harus dimaknai dengan baik, terlebih dalam rangka memperingati HUT ke-78 PGRI dan HGN 2023. “Ziarah kubur ini agar para guru selalu mengingat perjuangan pahlawan,” katanya di TMP.

Pada momentum ini, ia juga meminta guru se-Kota Bandar Lampung dapat terus melanjutkan perjuangan dengan salah satu cara yakni memajukan pendidikan di Indonesia khususnya di Kota Bandar Lampung.

Dalam hal tersebut, ia juga mengajak para guru secara serentak melakukan inovasi, demi mewujudkan merdeka belajar, sesuai yang tertuang pada tema HGN 2023 yakni Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar.

“Kini PGRI telah berusia 78 tahun. Itu bukan usia yang muda lagi namun sebaliknya. Melalui momentum ini mari semua bersama-sama dapat memajukan pendidikan. Pendidikan maju maka Indonesia akan kuat,” katanya.

Diketahui, pada upacara ziarah kubur juga turut diikuti pengurus MKKS SMP Bandar Lampung, serta Ketua dan Sekretaris KKKS SD Bandar Lampung, Kusrina, M.Pd dan Taufik Hidayat, S.Pd. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post