Osep Doddy Mengapresiasi Langkah Kejati Lampung, Ketua RT Wawan Tidak Ditahan





Ketua RT 12 Kelurahan Rajabasa Jaya, Kota Bandar Lampung, Wawan, yang tersandung kasus pembubaran tempat ibadah tidak berizin, akhirnya menghirup udara bebas di luar tahanan, Kamis (11/5). 

Kebebasan Wawan merupakan kebijakan Kejaksaan Tinggi Lampung, yang tidak melakukan penahanan setelah berkas dilimpahkan dianggap cukup.

Menurut salah seorang Kuasa Hukum Wawan, Gunawan Pharrikesit, dalam berkas perkara yang dikirim ke pihak kejaksaan tidak ada pasal 156a, tentang penodaan agama.

"Justru Wawan dikenakan Pasal 335 yang sebelumnya tidak ada dalam pasal yang dimajukan pertama kali dengan laporan model A".

Lebih lanjut Gunawan Pharrikesit, yang beberapa kali memenangkan kasus pidana dan PTUN ini menyatakan tidak ditahannya Wawan merupakan profesionalitas pihak kejaksaan dengan tidak menutup rasa keadilan yang ada.

Sementara Kuasa Hukum lainnnya, Osep Dody, mengapresiasi langkah dan pemikiran pihak Kejati Lampung dan Kejari Bandar Lampung, untuk tidak melakukan penahanan terhadap Wawan.

"Ini dikarenakan ternyata snagkaan pasal 156 (a), tentang penodaan agama tidak memenuhi unsur. Tinggal kita lihat seperti apa proses hukum selanjuynya", ujar Osep Dody, selalu advokat muda, Ditektur Law Firm Osep Dody and Partner.

Anggogta DPD RI, Abdul Rahman Taha, dari Komite I, yang selama ini intens bermomunikasi fan berkoordinasi perihal kasus Ketua RT 12, Rajabasa Jaya, Bandarlampung ini, menegaskan bahwa masih ada penegak hukum yang memiliki sensitifitas dan mengedepankan rasa keadilan.

"Saya paham sekalu konstruksi hukum yang terjadi terhadap kasus ini. Dan dari awal sudah saya tegaskan bahwa pasal 156(a), yang dipaksakan pihak kepolisian tidak mungkin masuk unsurnya".

Buktinya, lanjut Abdu Rahman Taha, pasal yang dimasukan bukan pasal penodaan agama itu. "Ini menjadi pembelajaran penegak hukum untuk tifak arogan," ujar senator muda asal daerah pemilihan Sulawesi Tengah ini.

Sedangkan Senator asal Lampung, Ahmad Bastian, mengatakan dikeluarkannya Wawan Kurniawan dari masa penahanan ini merupakan perjuangan bersama. Menjadi pelajaran untuk semua pihak untuk juga tidak menerapkan pasal yang tidak sesuai dengan fakta.

"Kita semua harus proporsional dan profesional. Jangan membuat kegaduhan dalam menegakkan hukum. Mari kita proporsional dan profesional," papar Ahmad Bastian.

Post a Comment

Previous Post Next Post