Prabowo Mulai "Laris" Dikunjungi Ketum Parpol Usai Muncul Wacana Koalisi Besar

Kabar terkait sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tengah sibuk dikunjungi oleh sejumlah ketua umum partai politik (parpol) lain.


Kunjungan itu terjadi pasca wacana pembentukan koalisi besar yang tengah dijajaki oleh Koalisi Indonesia Bersatu (PAN, Golkar, PPP), dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang berisi Gerindra, PKB.

Munculnya keinginan untuk membuat koalisi besar muncul ke permukaan pasca keenam ketua umum parpol, dan Presiden Joko Widodo mengikuti silaturahmi Ramadhan yang dihelat oleh PAN di kantornya, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Dalam acara tersebut, Jokowi sempat menyinggung nama Prabowo sebagai calon presiden (capres).

“Ya kalau saya ditanya saya jawab, 'Pak, bapak setuju enggak, Pak Prabowo jadi capresnya?', ya saya kalau ditanya saya jawab, kalau saya setuju ya saya ngomong setuju, kalau enggak ya enggak,” ujar Jokowi.

Meski begitu, Jokowi mengaku tak ikut campur dengan proses pembentukan kerja sama antar parpol untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya kadang-kadang (bertanya), apa hubungannya? Enggak ada hubungannya. Apalagi, kalau datang ke saya, dalam membangun koalisi, semuanya sudah disetujui presiden. Urusannya apa?” kata Jokowi. Perindo, PBB temui Gerindra, PAN berikutnya Kunjungan perdana ke Prabowo dilakukan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo pada Rabu (5/4/2023) sore.

Dalam pertemuan tersebut Prabowo, membuka peluang kerja sama. "Kita ingin suatu apa ya, suatu katakanlah barisan yang cukup besar, solid, supaya menjamin kelangsungan pembangunan, supaya menjaga ketenangan kerukunan. Yang kita butuh adalah keharmonisan, kerukunan, kesejukan," ujar Prabowo.

Hary Tanoe pun menyampaikan kedua parpol akan melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas kemungkinan kerja sama antara Perindo dengan KIR.

"Bagus tentunya, memang itu substansinya yang penting dibicarakan. Jadi, ke depan tentunya nanti dari partai Gerindra dan dari kami Partai Perindo akan melanjutkan diskusi-diskusi ini," kata Hary Tanoe.

Selanjutnya, giliran Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra yang menemui Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Bahkan, PBB mengakui ingin menawarkan Yusril sebagai cawapres untuk Prabowo.
Di sisi lain, Prabowo juga menyinggung persahabatan dengan Yusril telah berlangsung selama 40 tahun.

Prabowo pun menyiratkan agar PBB bisa memberinya dukungan pada Pilpres 2024. "Semua masalah dibahas tadi. Dan... Kalau PBB hari ini tidak dukung saya, kebangetan," kata Prabowo usai pertemuan.

Adapun hari ini, Sabtu (8/4/2023) giliran sejumlah kader elite PAN yang akan menemui Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara. Dikutip dari Tribunnews.com, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan bertemu Prabowo untuk melakukan silaturahmi politik.

"Bagaimana agar situasi kita selalu kondusif dan tidak terbelah akibat afiliasi dan pilihan politik," kata Zulkifli Hasan.

Post a Comment

Previous Post Next Post