Sebanyak 282 Peserta STQ Pesibar Mulai Mengikuti Tahapan Penilaian


Pesisir Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) mengadakan tahapan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-lll tingkat Kabupaten, Senin (6/3/2023).

STQ ke-3 tahun 2023 mengusung tema. 'Upaya melestarikan Khazanah Budaya Islam di Bumi Para Sai Batin dan Ulama Dalam Membangun Generasi Qur'anni yang Bermartabat Menuju Kabupaten Pesisir Barat yang Berkualitas'.

Acara tersebut diikuti oleh 282 peserta terdiri dari 142 Putra kemudian putri sebanyak 140 yang berasal dari 11 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 6-8 Maret 2022, diresmikan oleh Bupati Pesibar Agus Istiqlal yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati (Wabub) Pesibar A Zulqoini Syarif di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw, Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah.

Wakil Bupati Pesibar A Zulqoini Syarif, dalam sambutannya mengatakan Pemkab memberikan kepercayaan penuh kepada para dewan juri dan panitia untuk berkerja secara profesional serta bertanggung jawab.

Dijelaskannya kegiatan STQ tersebut selain untuk mencari bibit-bibit yang akan mewakili Kabupaten Pesisir Barat di tingkat Provinsi. Juga merupakan wahana untuk mengetahui sampai dimana penguasaan serta pengamalan akan akidah yang terkandung didalam Al-Qur'an hingga kemudian digunakan didalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga kita semua mendapat keberkahan dari Allah subhanahu wa ta'ala, dan semoga peserta STQ dapat meraih prestasi yang terbaik serta dapat membanggakan kedua orang tua dan kebanggaan seluruh masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat Khususnya," tutup A Zulqoini Syarif.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Pesibar Jalaludin yang diwakili oleh wakil ketua 1, Audi Marpi menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan STQ oleh Pemkab Pesisir Barat dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan isi yang terkandung dalam Al-Qur'an.

Kemudian selain itu juga sebagai ajang seleksi di tingkat Kabupaten yang nantinya akan diikut sertakan pada seleksi tingkat Provinsi dengan 6 cabang yaitu Tilawah, Tahfidz, Tafsir, Khotmil Qur'an, dan MIQ (Monitoring Ibadah dan Qur'an, Musabaqah Hafidz).

"Pemkab berharap agar mendapatkan bibit-bibit terbaik putra-putri Pesibar yang nantinya akan kami ikut sertakan dalam lomba di tingkat Provinsi, Insya Allah bisa sampai Nasional dan juara," Pungkas Audi Marpi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Pesibar, perwakilan OPD dan Forkopimda Pesibar, Ketua LPTQ Kecamatan se- Kabupaten Pesibar, dan para tamu undangan. (Andrean/Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post