Longsor di Juku Batu dan Sumber Sari Banjit Way Kanan, Tiga Warga Meninggal Tertimbun, Satu Hilang



BANJIT -: Personel Polsek Banjit Polres Way Kanan berangkat ke lokasi tanah longsor untuk mencari satu korban tertimbun di areal perbatasan Marga Hutan Kawasan Kampung Sumber Sari, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. "Tentunya kita semua yang ada di sini merasa prihatin dan ikut berbela sungkawa atas musibah bencana alam tanah longsor yang terjadi kemarin,” ujar Kapolres Way kanan AKBP Teddy Rachesna melalui Kapolsek Banjit Iptu Supriyantodia, Sabtu (11/3/2023)

Sebelumnya, pada Jumat (10/3/2023), sekitar pukul 10.00 WIB warga Dusun Pati Kampung Sumber Sari yang berjumlah sekitar 15 orang mengadakan gotong royong perbaikan pipa air bersih yang digunakan oleh warga setempat dan sekitar untuk keperluan mandi cuci kakus. Beberapa saat kemudian terjadi tanah longsor menimbun dua warga yang saat itu berada di lokasi gotong royong.

Satu korban Ngadiyanto yang tertimbun masih terlihat berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia. Namun saat hendak menyelamatkan Siran, tanah kembali longsor lebih besar dan warga berlarian menyelamatkan diri.

Setelah ditemukan Ngadiyanto dibawa ke rumah duka dan korban Siran belum ditemukan. Kejadian tersebut mengakibatkan menelan dua korban. Diakui beberapa tim mulai dari personel Banjit, TNI, relawan dan masyarakat yang turun langsung ke lokasi longsor alami kendala karena jarak dan akses yang sulit.

Akses jalan hanya bisa dilalui sepeda motor (dengan ban motor belakang dipasangi rantai motor) untuk kendaraan roda empat tidak bisa melintas ke lokasi. Selain itu tanah longsor kedua juga terjadi di Kampung Jukubatu Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan pada Jumat (10/3/2023), sekitar pukul 08.00 Wib menelan dua korban jiwa yakni ibu Khotimah (31) bersama anaknya M. Diki Saputra (4).

Sejauh ini proses pencarian terhadap dua korban tanah longsor tersebut masih berlangsung. Semua unsur mulai dari BPDD, Polri, TNI, dan masyarakat Kampung Jukubatu dilibatkan. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post