Jembatan Jalinsum Way Sekampung di Batas Natar-Tegineneng Diperbaiki 300 Hari, Lalu Lintas Dialihkan Lewat Sini


TEGINENENG - Jembatan Way Sekampung di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Bumi Agung, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, bakal ditutup total sebelah dari arah Kotabumi menuju Bandar Lampung, setelah Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. Penutupan ini terkait penggantian dari jembatan jenis CH, sesuai program seluruh jemabatan jenis CH di Indonesia harus diganti.


Kasat Lantas Polres Pesawaran, AKP Martoyo, mengatakan sebelum penutupan total pihaknya terlebih dahulu mengggelar survei Jembatan Way Sekampung itu, pada Kamis (16/3/2023), sekitar pukul 15.00 WIB. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak kontraktor untuk waktu pelaksanaan pembongkaran dan koordinasi untuk pembuatan perlengkapan rambu rambu sebelum pelaksanaan pembangunan jembatan.



"Untuk sementara waktu pembongkaran Jembatan Way Sekampung dilaksanakan setelah Lebaran Idulfitri 2023 dan pihak kontraktor berkoordinasi dengan BPJN. Pihak kontraktor sedang melaksanakan persiapan awal dan melengkapi rambu-rambu dan perlengkapan lainnya. Sebelum pembongkaran jembatan pihak kontraktor memperbaiki jembatan yang sebelah kiri yang akan digunakan jalur alternatif," kata AKP Martoyo menjawab konfirmasi Lampungpro.co.



Di sisi lain, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Lampung Rien Marlia, mengatakan Jembatan Way Sekampung A di Tegineneng pada Tahun Anggaran ini memang dilakukan penggantian dari jembatan jenis CH. Hal ini agar sesuai program pemerintah bahwa seluruh jembatan CH di Indonesia harus diganti.

"Masa pelaksanaan pekerjaan 300 hari kalender. Saat ini, penyedia jasa masih melakukan survei kondisi untuk menentukan metode kerja termasuk metode pengalihan arus lalu lintas. Selain itu, saat ini pejabat pembuat komitmen (PPK) dan penyedia jasa masih berkoordinasi dengan kepolisian setempat yakni Polres Pesawaran dan Lampung Selatan terkait rencana penutupan satu jembatan," kata Rien Marlia.



Terpisah, Kasatlantas Polres Lampung Selatan, AKP Jonnifer Yolandra, membenarkan satu dari dua jembatan Way Sekampung itu akan diperbaiki. Dia mengatakan jembatan kembar itu menjadi akses penghubung di Jalinsum KM 35 antara Desa Mandah Kecamatan Natar, Lampung Selatan dan Desa Bumi Agung, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran.

Menurut dia, jembatan yang diperbaiki berada di jalur lalu lintas dari arah Kotabumi ke arah Bandar Lampung. Dia menambahkan, perbaikan satu jembatan ini rencananya dimulai 14 Maret hingga 31 Desember 2023. Meskipun belum ditutup total, perbaikan jembatan ini bakal menimbulkan antrean kendaraan di Jalinsum, karena hanya satu jembatan yang nantinya bisa dilalui selama perbaikan.



Untuk itu, pihaknya menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas agar jembatan yang berada di akses utama jalan arteri nasional itu tetap bisa dilewati kendaraan berat seperti truk ke Lampung Tengah, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Barat, Tulang Bawang, dan sebaliknya. Untuk mengatasi kemacetan, Jonnifer mengatakan pihaknya bakal menerapkan sistem buka tutup sebelum melewati jembatan.

Nantinya, lalu lintas dari dua arah, baik yang dari arah Bandar Lampung menunju arah Kotabumi atau sebaliknya menggunakan jembatan yang tidak dibongkar. Untuk itu, kendaraan roda empat diimbau melewati Jalan Tol Trans Sumatera dan menghidari melintasi jembatan itu.

Pengendara dari arah Bandar Lampung bisa masuk tol di Gerbang Tol (GT) Natar melalui Jalinsum. Kemudian dari arah Lampung Timur bisa masuk di GT Tegineneng Timur. Sedangkan dari arah Lampung Tengah, Lampung Utara dan dari Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera bisa masuk di GT Tegineneng Barat. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post