Marak Isu Penculikan Anak, Polda Lampung Imbau Masyarakat Tidak Cepat Percaya

Lampung Selatan -: Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus melalui Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengimbau masyarakat Lampung tidak terlalu panik dalam menyikapi marak isu penculikan anak.



Hal itu disampaikan Kapolda menanggapi maraknya isu penculikan anak di Provinsi Lampung, baik melalui media cetak, online, maupun Media sosial.

Terkait hal itu, Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus kata Pandra, saat wawancara di ruang kerjanya Kamis (2/1/2023).

“Kita minta masyarakat tidak panik. Apabila menerima berita atau video lainnya yang dishare agar diklarifikasikan terlebih dahulu dan jangan dishare kembali sehingga dapat menimbulkan kepanikan,” imbau Pandra.

“Jika menerima informasi, silahkan mengklarifikasi atau mengecek ke kantor polisi terdekat. Jika memerlukan bantuan Polisi bisa hubungi Bhabinkamtibmas, kemudian silakan hubungi Call Center Polri 110 atau Unduh Aplikasi Polri Super App,” ucapnya.

Selain itu, untuk menyikapi situasi saat ini, Kabid Humas juga berpesan kepada para orang tua untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu mengawasi anak-anaknya.

Pandra mengatakan informasi yang beredar di media sosial dapat menjadikan para orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan terhadap anak.

“Sejauh ini laporan tentang penculikan anak yang ramai di media sosial itu belum ada di Polda Lampung dan jajaran,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kejahatan terhadap anak, Pandra menambahkan sebaiknya para orang tua harus peka terhadap lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Jika ada orang tidak dikenal datang ke rumah segera tanyakan tujuannya. Jangan sampai orang tidak dikenal itu ternyata pelaku kejahatan terhadap anak,” pungkasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post