Lestarikan Budaya Way Kanan, Warga Gunung Sangkaran Gelar Sanjauan

Way Kanan -  Dalam rangka khitanan anak sekaligus lestarikan adat budaya warga Desa Gunung sangkaran, Kecamatan Belambangan Umpu gelar acara Sanjauan.


Acara Sanjauan merupakan acara adat Lampung Way Kanan yang diikuti oleh anak yang akan di khitan serta para gadis yang bercanda gurau.


Di dalam acara tersebut biasanya saling timbal balik pantun menggunakan bahasa Lampung dan di berikan nasehat dan petuah oleh para tetua Kampung karena menginjak usia yang lebih dewasa lagi.

Dan kemudian keesokan harinya akan dihadiri oleh kerabat dari ibu atau disebut ‘Kelama’ oleh anak yang akan di khitan, kemudian diberikan ‘Pisaan’ atau nasihat menggunakan sastra Lampung.


Seperti pada acara khitan ‘Gian farizi’ putra dari pasangan Deni dan Komalasari anak usia 10 tahun yang akan di khitan 2 hari berikutnya setelah acara Sanjauan.


Dikatakan Sarwani gelar adat Ratu Alamsyah (72) kakek dari Gian Alfarizi, acara tersebut sudah ada sejak zaman nenek moyang sehingga sebagai penerus dirinya harus wajib tetap menjaga adat budaya para leluhur.ujar Ratu Alamsyah, Minggu, (2/10/2022).

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel