Wabup Lamsel Pandu Kusuma Dewangsa SIP. Resmikan, Lauching Bank Sampah Wawai

LAMPUNG SELATAN – Yayasan Bina Lingkungan Lestari Waway Waste Fundation (WWF) gelar launching Bank Sampah Wawai sekaligus meresmikan kantor pusat yang bertempat di Lingkungan Ragom Mufakat Kelurahan Way Urang Kecamatan Kalianda Lampung Selatan (Lamsel).



Launching Bank Sampah Wawai dihadiri sekaligis diresmikan oleh Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, SIP didampingi Wakil Ketua TP PKK Nuri Maulidia yang merupakan Istri Wabup Lamsel.

Wabup Lamsel Pandu Kesuma Dewangsa (PKD) dalam sambutanya mengatakan, pihaknya sebagai orang nomor 2 di Kabupaten berjuluk Khagom Mufakat ini mendukung program Bank Sampah yang digagas oleh yayasan bina lingkungan lestari Wawai Waste Fundanation.

Menurut Pandu program bank sampah wawai sangat positif, sehingga kedepan dapat mendorong masyarakat khususnya di Lamsel ini tidak sembarang membuang sampah rumahan, sebab sampah yang ada saat ini dapat dikemas, dimanfaatkan yang memiliki nilai ekonominya.

“Kantor Wawai Waste Fundanation saya nyatakan resmi dibuka. Mewakili Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kami akan mensuport dan mendukung kegiatan ini apalagi mengenai sampah, kalau wilayah kita sudah bersih, tentunya Investor banyak yang bakal masuk di Kabupaten kita ini cintai ini,” ujar Wabup Lamsel Pandu Kesuma Dewangsa disambut tempuk tangan tamu undangan.

Mantan anggota DPRD Kota Bandar Lamung ini menambahkan, pihaknya berharap program Bank Sampah Wawai yang digagas dapat memberikan edukasi serta dampak yang positif kepada masyarakat, sehingga bijak dalam mengelola sampah.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat dan dampak yang positif bagi masyarakat Lampung Selatan, sehingga kedepan Kota Kalianda sebagai Ibukota Kabupaten Lampung Selatan bersih dan asri serta Kecamatan yang ada di Lamsel,” jelasnya.

Sementara itu, Exekutive Director Yayasan Bina Lingkungan Lestari Wawai Waste Fundation (WWF) Deni Andika Pratama mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan launching program bank sampah sekaligus peresmian kantor pusat yayasan bina lingkungan lestari Wawai Waste Fundanation (WWF).

Menurutnya, Launching Bank Sampah Wawai merupakan kegiatan yang sosial yang menangani persampahan, sehingga sampah yang ada dilingkungan rumah bisa dikelola, diduar ulang serta dimanfaatkan dengan baik menjadi nilai ekonomi.

“Kita akan launching sekaligus peresmian kantor pusat WWF. Untuk itu kami mengajak peserta yang hadir dan masyarakat Lampung Selatan khususnya untuk bijak dalam mengelola sampah. Kami mencoba merubah paradigma masyarakat agar sampah ada nilainya,” kata dia.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Lingkungan Lestari Wawai Waste Fundation (WWF) Lafran Habibi, ST, MT mengatakan bahwa program Bank Sampah Wawai hadir di Lampung Selatan tidak lain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengelola sampah dilingkungan tempat tinggal.

“Adanya Wawai Waste Fundation ini tidak lain untuk memberikan edukasi sekaligus pengelolaan sampah yang kita anggap sepele, namun sebetulnya bisa dimanfaatkan dan ada nilainya.

Kemudian kata dia, program Bank Sampah Wawai merupakan program unggulan WWF yang akan mengedukasi masyarakat agar bijak dalam mengelola sampah. Kami mengedepankan prgram Bank Sampah, pengalaman kami di Bank Sampah,

“Misi WWF adalah mengedukasi masyarakat, kami mengajak masyarakat khususnya emak-emak mulai saat ini untuk memilah sampah yang ada dan penanganan sampah. Hal ini bertujuan untuk pengurangan sampah,” jelasnya.






Selain itu kata dia, kehadiran Wawai Waste Fundation di Lampung Selatan juga akan memberikan pelatihan kepada masyarakat. Sehingga terget beberapa tahun kedepan Lamsel bebas dari sampah.

“Nanti kami juga akan mengadakan pelatihan – pelatihan untuk masyarakat jika banyak masyarakat yang meminta. Tentunya WWF memiliki target serta menyatukan langkah tahun 2025 Kabupaten Lampung Selatan bebas dari sampah, untuk itu kami meminta dukungan Pemerintah dan partisipasi masyarakat,”tutupnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel