Jokowi Tinjau Vaksinasi Dan Resmikan Bendungan Way Sekampung

UNDERCOVER - Presiden Joko Widodo resmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Kamis, 2 September 2021. Bendungan ini dibuat sepanjang 5 tahun semenjak 2016 dengan ongkos Rp 1,78 triliun.




Bendungan ini mempunyai kemampuan tampung 68 juta mtr. kubik dengan luas kubangan 800 hektar. "Bendungan ini multi-fungsi, dapat untuk irigasi,
sediakan air baku, untuk pembangkit listrik dan pengaturan banjir," tutur Jokowi seperti ditayangkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 2 September 2021.

Jokowi mengatakan bendungan ini sanggup mengaliri 55.000 hektar wilayah irigasi yang telah ada dan 17.500 hektar wilayah irigasi baru. Bendungan Way Sekampung diharap bisa sediakan air baku sekitar 2.737 liter per detik, jadi sumber pembangkit listrik 5,4 megawatt dan sanggup mereduksi banjir dengan prosentase sekitar 8,85 %.

Bendungan ini terpadu dari Bendungan Batutegi lalu mengucur ke Bendung Agroguruh, sampai ke Bendungan Margatiga yang tersambung dengan beberapa sungai seperti Way Merabung, Way Bulak.

"Karena ada bendungan ini, intensif tanam bisa juga dipertingkat dari sebelumnya 2x satu tahun jadi 3x satu tahun. Maknanya, produksi ditegaskan bertambah dan kesejahteraan petani akan bertambah. Ini keinginan kita," tutur Jokowi.

Post a Comment

Previous Post Next Post