Ali Rahman Hadiri Rakorwasin Keubang Wilayah Provinsi Lampung


Way Kanan, UNDERCOVER - Wakil Bupati Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T Bersama Inspektur Daerah, Dra. Yuliawati, M.M. dan Kadis TPHP, Ir. Maulana M, M.AP. Menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Wilayah Provinsi Lampung di Gedung Pusiban Prov. Lampung, rabu (07/04/2021)


Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Agustina Arumsari Mewakili Kepala BPKP, mengatakan isu utama dalam Rakor ini yang diangkat adalah upaya meningkatkan peran pengawasan intern dalam mengawal program prioritas daerah.


"Kendala pembangunan daerah sudah ditemui sejak perencanaan, salah satunya karena program dan indikator kinerjanya belum nyambung, serta masih tingginya ego sektoral antar dinas teknis" Ungkap Agustina


”Oleh karena itu, dibutuhkan orkestrasi pengawasan intern untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, utamanya melalui sinergi pengawasan program pengembangan potensi daerah, untuk tematik Provinsi Lampung adalah sektor pertanian,” Lanjutnya.



Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Sumitro menyambut baik kerjasama yang selama ini terjalin dengan seluruh pemda di Lampung. Hal ini selaras dengan arahan Kepala BPKP agar Perwakilan BPKP Lampung selalu hadir dan memberikan manfaat.


”Pada Tahun 2021, Perwakilan BPKP Lampung telah menetapkan dua tema pengawasan untuk mendukung pembangunan di Lampung, yaitu evaluasi program kartu petani berjaya dan pengawasan atas pelaksanaan program pembangunan kawasan wisata terintegrasi Bakauheni ” kata Sumitro


Wakil Gubernur Lampung, Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D, mengungkapkan ada empat program prioritas yang menjadi unggulan di Provinsi Lampung, diantaranya program kartu petani berjaya, program smart village, destinasi wisata terintegrasi Bakauheni, smart school, dan kartu pendidik berjaya. Pemerintah provinsi juga telah melibatkan Perwakilan BPKP Lampung untuk membantu perbaikan tata kelolanya.


”Kami telah meminta bantuan Perwakilan BPKP Lampung untuk mengawal empat Program Strategis tersebut sejak Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pertanggungjawaban, dan Pelaporan melalui sinergi dengan Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Lampung, serta dukungan penuh dari seluruh kepala daerah” Tutur Wagub Nunik


Wakil Gubernur Lampung juga menyampaikan agar Bupati/Walikota terus meningkatkan sinergi dengan BPKP maupun APIP untuk mengawal Program Strategis di provinsi lampung serta menguatkan komitmen dalam penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.


”Penyelenggaraan rakor pengawasan intern keuangan dan pembangunan (Rakorwasin Keubang) daerah ini merupakan bentuk nyata keseriusan kami bersama seluruh kepala daerah dibantu oleh BPKP, untuk mengelola program strategis daerah agar Lampung berjaya” Jelas Wagub Nunik


Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama atas hasil dan tindak lanjut rapat koordinasi pengawasan intern dan pembangunan provinsi lampung tahun 2021 oleh kepala inspektorat se Provinsi Lampung.



Wan Ajo dan Grand Sapta Melaporkan

Post a Comment

Previous Post Next Post