Pimpinan PT AKG (Bumi Waras) Bahuga, Diduga Intimidasi 13 Pekerja Untuk Mengundurkan Diri


Way Kanan, UNDERCOVER - Pimpinan PT. Adhi Karya Gemilang (AKG) Anak Perusahaan Sungai Budi atau yang lebih dikenal dengan Bumi Waras (BW), diduga kuat memberhentikan secara sepihak dengan membuatkan surat pengunduran diri kepada 13 pekerja di perusahaan tersebut, disampaikan oleh beberapa pekerja di kediamannya, rabu (17 / 03/2021). 


Haris (Pimpinan AKG) membenarkan hal tersebut, menurutnya kemacetan atas saran dari tim audit, "jadi begini, kalo permasalahan tersebut sudah di bawa ke atas (way lunik, Bandar Lampung), itukan rentetannya sangat panjang. Menurutnya ia mendapat arahan" kan begini , kalo semua putus hubungankan tidak dipermasalahkan lagi. Jadi, permasalahan ada yang masalah yang terkait dengan keuangan BW memegang prinsip dengan mengembalikan uang tersebut maka maka belum selesai permasalahannya. "Tutur Haris. 



Dilain pihak satu pekerja yang sudah lebih dari 3 tahun bekerja disana, bahwa sebelum dikeluarkannya surat pengunduran diri oleh PT. AKG, mereka telah membuat surat pernyataan bertanda tangan diatas materai untuk bertanggung jawab dan siap menerima bahan sanksi, "kami sudah bikin surat pernyataan, disuruh mulangin duit, tapi kami masih disuruh mengundurkan diri, kami juga sama sekali tidak mendapatkan surat peringatan dari perusahaan." 


Namun hal tersebut disangkal oleh Haris, menurutnya ia tidak tahu mengenai surat tersebut karena permasalahan 13 pekerja tersebut telah di ambil alih oleh tim audit, tetapi pimpinan PT. AKG tanpa mengeluarkan surat peringatan terlebih dahulu kepada pekerja, langsung mengeluarkan surat pengunduran diri untuk menyatakan 13 pekerja. 


Pekerja pun menambahkan, bahwa pernah ada juga kasus yang berhubungan dengan masalah keuangan dengan nominal yang lebih besar, bahkan sudah lebih dari permasalahan tersebut masih belum selesai tetapi hingga detik ini masih tetap bekerja di perusahaan tersebut. 


Nasib para 13 orang pekerja tersebut saat ini jauh dari kata "sejahtera" seperti apa yang menjadi salah satu program bupati way kanan saat ini R. Adipati Surya yaitu Unggul dan Sejahtera. 


Pekerja mengharapkan keadilan dan dukungan dari pemerintah terkait, seperti Kepala Kampung tempat para pekerja berdomisili (Bumi Agung, Tulang Bawang, Giriharjo), Kecamatan Bahuga serta Dinas Tenaga Kerja Way Kanan atau DPRD sebagai penyuara rakyat, agar bisa menindak lanjuti dan membantu para pekerja atas apa yg dilakukan Pimpinan PT. AKG tersebut.



Grand Sapta dan Wan Ajo Melaporkan


Post a Comment

Previous Post Next Post