JAGA Hadir Dalam Forum OECD


Global, UNDERCOVER - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan hadir dalam * 2021 OECD GLOBAL GLOBAL ANTI-CORRUPTION & INTEGRITY FORUM * malam ini pukul 19.30 - 21.00 WIB secara berani. 


Dalam salah satu sesinya, yaitu sesi Integrity in Practice: Launch of The OECD Public Integrity Toolkit, KPK akan memaparkan sebuah pelajaran dari JAGA Bansos, salah satu fitur dalam platform Jaringan Pencegahan korupsi (JAGA) yang diinisiasi oleh KPK.


JAGA Bansos diluncurkan KPK sebagai respon KPK atas kebijakan dan program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 khususnya terkait program bantuan sosial. Hasil mitigasi KPK atas titik rawan korupsi dalam penanganan pandemi Covid-19 salah satunya memetakan kerawanan dalam penyelenggaraan bansos. Selain menerima pengaduan terkait penyaluran bansos, JAGA Bansos juga memberikan literasi kepada masyarakat tentang program tersebut. 


Hingga 22 Maret 2021 KPK menerima total 2.229 laporan dari 1.906 pelapor yang disampaikan melalui aplikasi JAGA Bansos. Laporan tersebut ditujukan kepada 299 pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten / kota. Keluhan yang paling banyak disampaikan adalah tidak menerima bantuan. Sebanyak 680 laporan telah selesai ditindaklanjuti. Selebihnya sedang dalam proses tindak lanjut dan pengungkit. Tidak hanya terkait bansos untuk masyarakat umum, JAGA Bansos juga menerima pengaduan terkait Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (Bansos UMKM). 


2021 OECD GLOBAL ANTI-KORUPSI & INTEGRITAS FORUM akan membahas Perangkat Integritas Publik OECD yang bertujuan untuk risiko korupsi organisasi dan integritas publik. Aplikasi JAGA akan menjadi salah satu fitur dalam toolkit tersebut yang dipaparkan.


Wan Ajo dan Wahyoedi Melaporkan

Post a Comment

Previous Post Next Post