Catatan Politik: Menimbang Peluang Mirza dan Jihan Nurlela Memenangkan Pilkada Gubernur Lampung 2024



BANDAR LAMPUNG - Di tengah teka-teki siapa bakal calon wakil gubernur untuk calon gubernur Rahmat Mirzani Djausal, tiba-tiba beredar foto Rahmat Mirzani Djausal dan Anggota DPD RI Jihan di sebuah kafe di Jakarta, Kamis (30/5/2024). Foto itu, diunggah akun Instagram @mirzano pada Kamis (30/5/2024). Selain Mirza, Jihan Nurlela juga memposting foto tersebut dalam akun instagram pribadinya @jihanchalim.


Bahkan, dalam postingan tersebut Mirza menuliskan pertanyaan "Selamat sore, gas ga nih??," Kemudian, "Cek.. cek.. memecah teka teki ZDJ Terpecahkan juga ternyata singkatan dari (yay Za, Dito dan Jihan). Bagus juga buat nama grup band," tulisnya.

Ketika Lampungpro.co meminta konfirmasi atas foto tersebut, Mirza yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Lampung itu dengan singkat menjawab, "Gas!". Foto tersebut juga seakan menjawab pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, terkait pendamping Rahmat Mirzani Djausal.

"Kami sudah mendapatkan tiga inisial nama wakil, yaitu D, Z, dan J. Diharapkan bisa melengkapi kemenangan," ungkap Sufmi di Bandar Lampung Kamis (23/5/2024).

Dari tiga inisial nama itu, hampir seluruhnya merujuk pada Jihan Nurlela. Adik dari mantan Wakil Gubernur Lampung (2019-2024) Chusnunia Chalim itu dinilai sosok yang paling tepat berpasangan dengan Mirza jika ingin menang pada Pilkada 27 November 2024.

Jihan yang bergelar dokter itu merupakan anggota DPD RI periode 2019-2024. Dia melaju ke Senayan dengan perolehan suara terbanyak yakni 810.373. Jihan kembali melenggang ke Senayan sebagai anggota DPD RI utusan Lampung dengan meraih suara terbanyak Pemilu 14 Februari 2024 yakni 910.318 suara atau jauh di atas anggota DPD RI terpilih lainnya yang rata-rata meraih 400 ribuan suara.

Keberhasilan Jihan yang alumnus Fakultas Kedokteran Univeritas Lampung itu, dua kali ke Senayan dinilai karena memiliki basis massa yang kuat. Jihan juga dinilai tepat berpasangan dengan Mirza karena sama-sama anak muda.

Jihan lahir pada 22 April 1994 dan Mirza kelahiran 18 Maret 1980. Usia keduanya terpaut 14 tahun. Sosok kedua anak muda ini dinilai bakal menarik 52% pemilih muda dari total 6.539.128 daftar pemilih tetap (DPT) Lampung

Dari sisi primordial, pasangan Mirza-Jihan dinilai mewakili dua suku besar di Lampung yakni Mirza yang bersuku Lampung Sungkai Bunga Mayang dan Jihan Nurlela bersuku Jawa.

Sedangkan dari sisi gender, Jihan akan meneruskan pemimpin wanita di Lampung seperti Sang Kakak Chusnunia Chalim alias Nunik yang berpasangan dengan Arinal Djunaidi. Calon wakil gubernur wanita ini tentu menjadi daya tarik bagi 3.212.794 pemilih perempuan di Lampung

Dari basis pemilih, tingginya perolehan suara Jihan Nurlela di dua Pemilu diyakini karena dukungan kaum Nahdliyin yang menyebar di seluruh Lampung. Pemilih kalangan Nahdliyin memilih Jihan seperti halnya Nunik karena karomah Sang Ayah KH Abdul Chalim Maftuhin, ulama kharismatik asal Lampung Timur yang disapa warga Nahdliyin dengan nama Mbah Chalim. Hingga kini, warga Nahdliyin masih rutin menggelar haul Mbah Chalim setiap tahun.

Faktor lainnya, meski bukan anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), konstituen PKB diyakini memilih Jihan sebagai anggota DPD RI. Pasalnya, Sang Kakak Chusnunia Chalim merupakan Ketua DPW PKB Provinsi Lampung.

Apalagi pada Pemilu 2024, PKB menang di Kabupaten Lampung Timur yang merupakan posisi kedua pemilih terbanyak di Lampung yakni 822.906 pemilih. Dari data dan fakta itu pasangan Mirza-Jihan merupakan duet maut Pilkada Gubernur 2024.

Ini pasangan paling pas untuk kondisi Lampung. Berlatar Lampung-Jawa, anak muda yang agamis, berlatar warga Nahdliyin, wanita, dan sama-sama dua kali meraih kursi parlemen. Keduanya akan saling mengisi dan memperkuat. Gas keunnn...! Oke gas-oke gas Mirza-Jihan paling pas…!(***)

Post a Comment

Previous Post Next Post