Sederet Nama yang Diprediksi Bakal Menantang Eva Dwiana di Pilwakot Bandar Lampung 2024


Bandarlampung — Sebagai petahana, Eva Dwiana dapat dipastikan akan kembali maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) yang akan digelar dalam Pilkada serentak pada November 2024 mendatang.

Hal ini diperkuat, dengan secara terang-terangan Partai NasDem, mengungkapkan siap mendukung kembali Eva Dwiana untuk di Pilwakot 2024 mendatang.

"Tentu NasDem siap mendukung kembali. Karena menurut Kita, selama ini Kinerja Eva Dwiana sebagai Wali Kota sudah cukup baik," ujar Wakil Ketua DPW Partai NasDem Lampung Rakhmat Husein.

Sebagai petahana, tentu Eva Dwiana bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Bila melihat pada Pilkada 2020 lalu.

Eva Dwiana berhasil mengalahkan dua paslon lainnya yakni Rycko Menoza-Johan Sulaiman, dan Yusuf Kohar-Tulus Purnomo dengan sekali putaran.

Berpasangan dengan Deddy Amarullah, Ev Dwiana berhasil meraih perolehan suara sebesar 57,3 persen atau 249.134 suara, sementara Rycko-Johan 92.607 suara (21,3%), dan Kohar-Tulus 93.280 suara (21,4%).


Namun, menjelang kontestasi Pilkada 2024 mendatang, sejumlah nama mulai bermunculan yang digadang-gadang atau diprediksi bakal menantang Eva Dwiana di Pilwakot Bandar Lampung.

Penantang pertama, yang dipastikan bakal siap melawan Eva Dwiana adalah dari Partai Gerindra.

Sebagai partai pemenang Pemilu 2024 dengan perolehan 10 kursi di DPRD Bandar Lampung, Gerindra berhak mencalonkan calon Wali Kota tanpa perlu berkoalisi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Partai Gerindra telah menyiapkan satu kader terbaiknya untuk maju di Pilwakot 2024 mendatang.

Yakni Sekretaris DPD Partai Gerindra yang juga Caleg DPRD Provinsi terpilih Ahmad Giri Akbar.

Meski berasal dari Dapil Lampung Timur, sosok yang akrab disapa Kyai Giri tersebut sudah mulai diperkenalkan ke masyarakat Bandar Lampung.

Sosialisasi Kyiai Giri ditandai dengan maraknya pemasangan baliho ucapan terima kasih Partai Gerindra atas kemenangan Prabowo Gibran di seluruh Bandar Lampung.

Hal ini dibenarkan oleh petinggi Partai Gerindra Lampung.

Ahmad Giri Akbar memang disiapkan untuk Calon Wali Kota Bandar Lampung, maka ucapan yang dipasang di Bandar Lampung memuat Ahmad Giri Akbar.

"Iya kita siapkan Giri maju di Pilwakot Bandar Lampung," ujarnya.

Kemudian ada nama Kostiana dan juga Wiyadi yang berasal dari PDIP Lampung.

Nama kedua politisi ini disebut langsung oleh Sekretaris PDIP Lampung Sutono saat menanggapi Eva Dwiana yang akan diusung NasDem."Kita masih memiliki sejumlah kader yang sama-sama berpeluang maju di Pilwakot Bandar Lampung, ada Wiyadi, Kostiana, Deddy Wijaya Candra," katanya.

Diketahui, Kostiana merupakan satu-satunya Caleg PDIP yang lolos DPRD Provinsi Lampung di Dapil Lampung I dengan perolehan 17.785 suara.

Sementara itu Wiyadi merupakan Ketua DPC PDIP Bandar Lampung yang telah menjabat sebagai Ketua DPRD Bandar Lampung selama dua periode.

Selanjutnya ada nama Yuhadi dari Partai Golkar. Caleg DPRD Bandar Lampung terpilih ini juga digadang-gadang akan bertempur di Pilwakot Bandar Lampung.

Ketua DPD II Partai Golkar Bandar Lampung ini juga sudah menerima surat tugas dari DPP Partai Golkar untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024 mendatang.

Kemudian ada Sekretaris DPW Partai NasDem Fauzan Sibron. Peraih suara terbanyak dalam Pileg DPRD Provinsi Lampung Dapil Lampung I yakni 40.823 suara.

Nama Fauzan Sibron juga santer digadang-gadang bakal maju dalam kontestasi Pilwakot Bandar Lampung November mendatang. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post