Dua Ekskavator Diterjunkan BPJN Bersihkan Puing Longsor Jalan Liwa-Krui, Begini Kondisi Lalu Lintas Saat ini

 


Lampung Barat - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional(BPJN) Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 2 Lampung PPK 2.3 terus melakukan perbaikan sementara terhadap Jalan Lintas Liwa-Krui, Pekon Kubu Perahu, Kabupaten Lampung Barat yang diterpa longsor ekstrem.

Sebanyak dua alat berat ekskavator diterjunkan langsung pada Sabtu (03/02) untuk membersihkan jalan yang ditutupi tanah liat serta bebatuan longsor yang menutupi hampir keseluruhan badan jalan.

Menurut PPK 2.3 BPJN Lampung Joko wisargo, S.T.,M.T, melalui Koordinator Pelaksana Teknis Rusmadi Gani, S.T.,M.T, mengatakan pihaknya terus memaksimalkan penanganan sementara pada jalan tersebut agar mobilitas masyarakat tidak terhambat.

"BPJN Lampung PPK 2.3 sejak Januari memang terus melakukan perbaikan sementara terhadap badan jalan tersebut, namun karena intensitas hujan yang tinggi membuat longsor terus turun kejalan," kata Rusmadi dilokasi perbaikan.

Rusmadi menyebutkan penanganan sementara dilakukan akibat anggaran yang memang belum dapat direalisasikan sepenuhnya akibat peralihan tahun anggaran, sehingga untuk penanganan saat ini dilakukan sementara.

Namun Rusmadi mengaku walaupun perbaikan tersebut hanya bersifat sementara tetapi pihaknya berusaha agar puing longsor diatas badan jalan serta tebing di bahu jalan ditangani dengan maksimal sehingga tidak membahayakan pengendara.

Menurut Rusmadi pelaksanaan perbaikan memang cukup rumit, hal ini disebabkan oleh ramainya pengendara yang melintas sehingga pihaknya harus menghentikan sementara laju kendaraan serta bekerjasama dengan Polres Lambar untuk memberlakukan sistem buka tutup agar perbaikan bisa berjalan lancar.

Rusmadi melanjutkan, dalam tahap perbaikan masyarakat diharapkan tetap sabar saat melintasi jalur Liwa-Krui, karena perjalanan akan sedikit terhambat. Namun pihaknya berkomitmen akan mempercepat perbaikan supaya lalu lintas bisa kembali normal sehingga perekonomian masyarakat tidak tersendat.

Sedangkan untuk perbaikan secara permanen, Rusmadi membeberkan bahwa pihaknya akan melaksanakannya pada awal Maret mendatang.

Informasi lebih lanjut, hingga Minggu (04/02) siang puing longsor diatas badan jalan telah berhasil dibersihkan oleh BPJN. Terpantau lalu lintas di jalan Liwa-Krui berangsur pulih. (Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post