Mengobati Penasaran, Sejumlah Warga Dekati Gunung Anak Krakatau


Mengobati rasa penasaran, beberapa warga Kota Bandar Lampung melihat secara langsung dan berswafoto di Gunung Anak Krakatau (GAK) Minggu (28/1).

Williyam, warga perumahan Villa Citra, Bandar Lampung, misalnya dia bersama rombongan sengaja pergi melihat secara langsung kondisi GAK.

"Sengaja mau lihat secara langsung GAK, kayaknya di televisi atau medsos seram amat. Ternyata biasa aja setelah lihat langsung," kata Williyam.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Koh Bun-Bun, warga Perumahan Citra Garden, Bandar Lampung sengaja melihat GAK sembari refreshing.

"Represhing aja, sembari lihat secara langsung kondisi GAK ini. Ternyata biasa aja, kayaknya di media-media heboh benar," ujarnya.

Sementara itu berdasarkan data dari pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan kondisi GAK hari ini tenang.

Hal itu disampaikan oleh Andi Suardi petugas pantau PVMBG, mengatakan bahwa GAK kondisinya tenang.

"Gunung jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 5-10 m di atas puncak kawah," kata Andi Suardi, Minggu (28/1) sore.

Dia menjelaskan kondisi GAK kabur dan CCTV jelas teramati asap kawah putih tipis tinggi lk 5-10 tekanan lemah meskipun demikian tetap diimbau kepada warga agar tidak mendekati kawah GAK dengan radius 5 kilometer dari kawah aktif.

"Untuk hari ini kegempaan Low Frekuensi, umlah : 10, Amplitudo : 7-11 mm, durasi : 8-15 detik).Hybrid/Fase jumlah : 33, Amplitudo : 8-40 mm, S-P : 0 detik, durasi : 8-20 detik).Tremor nenerus (Microtremor) dan terekam dengan amplitudo 1-20 mm (dominan 3 mm).

Diimbau kepada masyarakat/ pengunjung/ wisatawan/ pendaki tidak mendekati GAK beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif," ujarnya

Post a Comment

Previous Post Next Post