Sebabkan Polusi dan Gangguan Kesehatan, Warga Way Lunik Ajukan Protes ke PT SME

BANDAR LAMPUNG, UNDERCOVER - sekelompok warga Sukaraja mejalankan aksi unjuk rasa terkait Keberadaan tempat penyimpanan sementara (stockpile) batu bara yang berada di Kelurahan Way Lunik, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, karena atas krberadaannya berdampak pada kesehatan warga sekitar dan lingkungan.



Guntoro, Kordinator aksi unjuk rasa ini menjelaskan bahwa kedatangan kami salah satu bentuk protes masyarakat yang terdampak langsung dengan Adanya stockpile batu bara.

" Selain menyebakan polusi udara , karena mengeluarkan aroma tak sedap, debu yang berterbangan bisa membuat batuk, dan nyeri tenggorokan, bahkan ada warga yang hingga kini menderita gangguan pernapasan, " Jelasnya saat memberikan keterangan kepada Undercover Chanel (UCC), di sela pelaksanaan aksi. (22-12-2023)

Disisi lain, Direktur PT Sentral Mitra Energi William Budiono mengatakan bahwa, dalam mengatasi permasalahan debu dari aktivitas stockpile batu bara, perusahaan harus melakukan sejumlah penanggulangan.

"Kami sudah melakukan kajian teknis dan melakukan penanggulangannya berupa pemasangan jaring debu, itu yang pertama paling dikeluhkan masyarakat," kata dia

Dalam waktu dekat, tambah William, pihak perusahaan akan memasang alat membuat hujan buatan guna mengurangi dampak debu yang terbang ke arah pemukiman.

"Kami juga akan melakukan penghijauan sesuai dengan pihak-pihak terkait, untuk menanam pohon, jenis pohonnya nanti kami tentukan yang rindang dan mampu menghalau debu. Selain itu kami juga selalu melakukan penyiraman di lapangan setiap saat setiap waktu operasi itu sangat berdampak mengurangi debu," kata dia.

Sebagai bentuk legalitas, William melanjutkan, bahwa PT SME telah mengantongi izin lingkungan, dan dari sebagian besar warga yang berada di lingkungan perusahaan telah melakukan kordinasj dan memberikan izin .

"terkait perizinan dari RT 15, PT SME akan terus berupaya melakukan komunikasi dan mediasi bagi warga sekitar agar dapat memberikan izin, dan Tentunya hal tersebut dengan segala penanggulangannya dan kompensasi yang akan kami lakukan dan diberikan kepada warga," Tutupnya (Dp)













"

Post a Comment

Previous Post Next Post