Program P5 di SDN 1 Rawa Laut Bandar Lampung Antusias Diikuti Peserta Didik



Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Rawa Laut Kota Bandar Lampung, menggelar kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), di lapangan sekolah setempat, Rabu, 6 Desember 2023.

Kegiatan P5 mengambil tema Kewirausahaan dengan diikuti seluruh peserta didik kelas 5, dibuka langsung Kepala SDN 1 Rawa Laut, Dentiana Saleh, M.Pd. Katanya, P5 ini merupakan Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Program P5 yang dilakukan yang dilakukan ini bertujuan memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik kelas 5 untuk mempelajari isu-isu penting di sekitarnya,” ujarnya usai membuka kegiatan P5 di sekolahnya.

Menurut dia, pada kegiatan P5 para peserta didik benar-benar melakukan aksi nyata, seperti dengan menampilkan sejumlah produk menjadi karyanya yang pada akhirnya dipasarkan kepada warga sekolah dan masyarkat sekitar.
“Produk yang dipasarkan berupa makanan terbuat dari bahan makanan pokok dan sayur mayur pada P5 ini, alhamdulillah habis terjual. Pembelinya adalah seluruh peserta didik mulai dari kelas 1-6,” kata Dentiana.

Adanya kegiatan P5, sambungnya yang mengaku bahwa kegiatan ini sangat antusias diikuti peserta didik, juga menjadi sarana mendorong peserta didik untuk berprilaku kompeten, berkarakter, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Tak hanya itu, para siswa juga diajarkan bagaimana cara berwirausaha karena didalamnya ada penghitungan, pembukuan, dan sebagainya. Sehingga mereka harus bekerjasama dalam hal-hal tersebut,” katanya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap peserta didik semakin bertanggungjawab, berprilaku baik, beriman dan bertakwa, serta berbakti kepada agama, nusa dan bangsa. “Hal itu sesuai dengan tujuan pendidikan nasional,” tuturnya. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post