BBKT di Pesibar Resmi Dibuka, Gubernur Sampaikan Harapan Besar Kepada Pemuda Melalui Karang Taruna

 


Pesisir Barat - Dalam momen Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ke-63 Gubernur Lampung Arinal Djunaidi inginkan anak muda menjadi penggerak kemajuan ekonomi kerakyatan, hal itu disampaikannya saat membuka Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) di Kabupaten Pesisir Barat, pada Selasa (03/10) di halaman Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.

Menurut gubernur peran serta generasi muda sangat penting untuk mencapai kemajuan perekonomian di masa mendatang, terlebih saat ini jumlah populasi penduduk didominasi oleh kaula muda dengan rentang usia yang sangat produktif.

Arinal mengatakan Karang Taruna menjadi salah satu wadah terbesar dalam menampung aspirasi dan kreativitas pemuda, untuk itu karang taruna diharapkan Gubernur Lampung dapat menjadi pelopor generasi muda dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan yang dapat dimulai dari tingkat desa.

"Ketika ekonomi masyarakat ditingkat desa dapat terjamin, masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi keluar provinsi untuk mengadu nasib yang belum tentu dapat mengubah hidupnya menjadi lebih baik," kata Arinal saat memberikan sambutan dihadapan seluruh pengurus Karang Taruna Provinsi Lampung.

Untuk mencapai itu, lanjut Arinal perlu adanya kolaborasi semua pihak untuk menciptakan ruang kreativitas, sehingga generasi muda dapat menuangkan ide dan gagasannya untuk menunjang kemajuan daerah.

"Kemajuan itu dapat dimulai dari langkah kecil yang dapat menciptakan peluang besar bagi generasi untuk dapat berkembang walaupun dari tingkat desa, contohnya seperti pemanfaatan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam menunjang ekonomi kerakyatan, seperti pengelolaan kartu petani berjaya, dan penyediaan layanan pembayaran pajak online yang dapat menjadi profit berkesinambungan dalam mencapai kemajuan ekonomi kerakyatan Itu," tandas Gubernur.

Menurut Arinal Ketika hal itu tercapai Karang Taruna dapat menjadi pahlawan desa dimasa mendatang.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung juga menyampaikan kesannya yang selalu terpesona dengan keindahan alam, budaya, serta adat istiadat yang dimilki masyarakat Pesisir Barat. Arinal berharap agar Bupati Pesisir Barat dapat terus menjaga kekayaan itu, dengan terus berpegang teguh pada prinsip budaya luhur hingga dpaat membawa Pesibar menggapai kemajuan.

"Pemerintah Provinsi Lampung juga akan terus mendukung perkembangan Pesisir Barat dengan segala kebijakan dan anggaran yang ada untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi yang dimiliki Pesisir Barat, salah satunya dalam waktu dekat, saya akan segera menghadap Mentri untuk membahas pengembangan Bandara M.Taufik Kiemas agar dapat menjadi Bandara yang bisa mendongkrak pariwisata dan perekonomian warga lebih cepat dan efisien," kata Arinal.

Bupati Pesibar mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang terhadap Gubernur Lampung, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, dan seluruh Ketua Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang menyempatkan diri untuk hadir di Negeri Para Sai Batin dan Ulama.

Bupati menyebutkan Karang Taruna merupakan organisasi yang di isi oleh orang-orang besar, dan mempunyai pemikiran yang besar.

Agus mengapresiasi pagelaran Bulan Bakti Karang Taruna yang di selenggarakan oleh Karang Taruna Kabupaten Pesisir Barat, dengan segala upayanya dapat menghelat acara yang besar itu dengan sukses, dan tentunya bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

"Karang Taruna telah menunjukannya dengan menggelar kegiatan positif, seperti pengembangan bakat pemuda-pemudi dengan menggelar lomba seni, budaya, dan kreativitas melalui konten kreator," ucap Bupati.

Selain itu, kegiatan jalan sehat, donor darah, senam bersama merupakan wujud kehadiran Karang Taruna dalam mengajak masyarakat berprilaku sehat dan bermanfaat.

Dihadapan gubernur, bupati juga menyampaikan harapannya agar Pemerintah Provinsi Lampung dapat terus hadir untuk masyarakat Pesisir Barat dan memberikan perkembangan perekonomian melalui berbagai dukungan kebijakan dan anggaran untuk menopang pertumbuhan berbagai potensi yang dimiliki Pesisir Barat, sehingga kesejahteraan itu benar-benar dirasakan masyarakat. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post