BPKAD Bandar Lampung Sebut Tambahan Belanja Perlengkapan Sekolah Yang Ditolak Dewan Hanya Rp4 M


Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandar Lampung menyebutkan usulan penambahan anggaran untuk belanja perlengkapan siswa Program Biling pada APBD Perubahan 2023 hanya Rp4 miliar. Namun usulan penambahan tersebut dibatalkan oleh dewan.

 Kepala BPKAD Kota Bandar Lampung, M Nur Ramdhan mengatakan terdapat sejumlah belanja yang dikurangai pada usulan APBD Perubahan 2023. Pada Dinas Pendidikan pengurangan belanja sebesar Rp6,267 miliar dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebesar Rp727,41 juta.

Bila dirincikan, pengurangan di Dinas Pendidikan seperti pelengkapan siswa SD dan SMP Rp4 miliar, pengembangan karir pendidikan dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan sekolah dasar Rp1,22 miliar, dan penyelenggaraan proses belajar dan ujian bagi peserta didik Rp1,047 miliar.

“Sementara di Disdukcapil pengurangan dilakukan pada TPP Rp698,61 juta dan pembayaran telepon kantor Rp28,8 juta,” kata M Nur Ramdhan, Jumat (29/9).

Menurutnya, dewan mencoret usulan penambahan belanja tersebut karena dianggap belum begitu penting. Sehingga usualan belanja tersebut tidak diakomodir.

“Mustinya usalan belanja perlangkapan sekolah itu untuk pembelian tas berserta isinya. Tapi karena dewan mungkin menganggap tidak penting jadi tidak diakomodir,” jelasnya.

Lebih lanjut, M Nur Ramdhan mengatakan malahan dewan meminta adanya penambahan dana untuk pembinaan ideologi Pancasila selama tiga bulan yang besarnya sekitar Rp2 miliar.

“Kemarin itu kurang bulan, jadi kekurangnya ditambahkan pada APBD Perubahan ini,” ujarnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post