Guna Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Baik, Kadinkes Pesibar Sambangi Daerah Terisolir

 


Pesisir Barat - Memberikan layanan terbaik di bidang kesehatan kepada masyarakat adalah salah satu misi yang di emban oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, demi tercapainya jaminan kesehatan yang berkualitas hingga ke daerah yang terpencil dan terisolir.

Demi mensukseskan misi tersebut, Dinkes Pesibar melakukan langkah-langkah untuk memastikan kualitas layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Pesibar, terutama di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) yang perlu mendapat perhatian khusus akibat situasi dan kondisi geografis yang sulit terjangkau, terbatasnya sarana dan prasarana kesehatan, serta ketersediaan dan kualitas SDM kesehatan yang rendah. Salah satunya adalah dengan melakukan supervisi. 


Kali ini Tedi Zadmiko, S.K.M, S.H, M.M, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat di dampingi oleh Kepala Puskesmas Bangkunat Belimbing Septono melakukan supervisi ke daerah terpencil yang ada di faskes Puskesmas pembantu Bandar Dalam, Way Haru yang dilaksanakan pada hari Jum'at (23/06/2023).

Tedi mengatakan, supervisi dilakukan untuk menilai hal apa saja yang perlu diperbaiki oleh faskes serta membahas tentang hal yang perlu ditingkatkan baik sarana maupun prasarananya. Dengan harapan performance faskes akan meningkat, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga menjadi lebih berkualitas dn maksimal.


Dibutuhkan ketahanan fisik dan mental untuk mencapai lokasi Pustu Bandar Dalam Way Haru, dimana perjalanan menuju Pustu tersebut membutuhkan waktu 4-5 jam berjalan kaki melintasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), melintas sungai-sungai kecil yang menembus kawasan hutan. Sedangkan membutuhkan waktu 2-3 jam menggunakan motor trail menyusuri bibir pantai dan mendaki perbukitan terjal tanah merah. Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup berat, namun tidak menyurutkan semangat Kadiskes dan rombongan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan.

Dalam supervisi ini, Kadiskes melakukan peninjauan menyeluruh terhadap berbagai aspek pelayanan kesehatan. Dan memeriksa ketersediaan fasilitas medis, kecepatan pelayanan, serta kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat yang ada di Pekon Bandar Dalam.

Selama kunjungan supervisi, Tedi Zadmiko juga berkesempatan berdialog dengan para Peratin, Tenaga Kesehatan (Nakes), dan masyarakat untuk mendengar langsung pengalaman mereka dalam menggunakan fasilitas kesehatan di Pustu tersebut. Hal ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan tanggapan yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan di masa depan. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post