Peringatan Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2023 Kabupaten Pesisir Barat

 


Pesisir Barat - Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak disandang masyarakat. Hipertensi adalah kondisi tekanan darah yang tinggi terhadap dinding arteri dan merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Hipertensi juga merupakan salah satu penyebab kematian dini di dunia.

Hari Hipertensi sedunia 2023 atau disebut World Hypertension Day diperingati setiap tanggal 17 Mei 2023. Hari Hipertensi sedunia diperingati untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya mengetahui faktor risiko, gejala, dan cara mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Setiap tahunnya, peringatan Hari Hipertensi Sedunia memiliki tema yang berbeda. Melalui surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat nomor 400.7.10/1458/IV.02/2023 tanggal 10 Mei 2023 tentang pelaksanaan kegiatan skrining deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, peringatan Hari Hipertensi Sedunia (HHS) tahun 2023 mengusung tema “Cegah dan Kendalikan Hipertensi untuk Hidup Sehat Lebih Lama”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, mengatakan bahwa dalam Peringatan HHS tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Barat dilaksanakan kegiatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) pada tanggal 15  s.d. 22 Mei 2023 di Organisasi Perangkat Daerah pada Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 Mei 2023 di seluruh wilayah Kabupaten Pesisir Barat oleh 11 Puskesmas yang tersebar di 11 Kecamatan. 

Pelaksanaan skrining faktor risiko penyakit tidak menular seperti pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, dan pemeriksaan antropometri berat badan dan lingkar perut. 

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan tentang Hipertensi. Turut serta dalam kegiatan skrining yaitu Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal dan Ketua DPRD Pesibar Agus Cik. Bupati memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut dan menyampaikan bahwa kegiatan skrining faktor risiko penyakit tidak menular dapat lebih ditingkatkan pada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Berdasarkan data yang terkumpul di Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat pada hari pertama pelaksanaan kegiatan yaitu tanggal 15 Mei 2023, jumlah orang yang dilakukan skrining faktor risiko penyakit tidak menular sebanyak 188 orang dengan ditemukan sebanyak 23 orang yang menderita Hipertensi dari 9 Organisasi Perangkat Daerah.

Harapannya melalui Hari Hipertensi Sedunia (HHS) tahun 2023 di Kabupaten Pesisir Barat dapat memperkuat jejaring dan kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi melalui dukungan pemerintah, fasilitas pelayanan kesehatan, instansi, dan organisasi kemasyarakatan terkait sekaligus memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat dalam mencegah dan mengendalikan hipertensi agar terkontrol untuk menurunkan risiko kesakitan dan kematian akibat hipertensi.  (Andrean/Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post