Toko Sembako di Pandansari Kabupaten Pringsewu Kebakaran Usai Buka Puasa


LAMPUNG—-Satu Toko yang menjual sembilan bahan pokok (Sembako) mengalami kebakaran saat disaat warga sedang melaksanakan waktu berbuka puasa di Pekon Pandansari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, Lampung terbakar pada Kamis (30/03/2023) malam.

Menurut Kapolsek, kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (30/3) petang sekira pukul 18.20 Wib pada bangunan permanen berukuran 10×15 meter yang digunakan pemiliknya untuk berjualan tersebut milik Hj Sutirin (47) warga Pekon Pandansari, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu.

“Meski tidak sampai ada korban jiwa, Kapolsek menyebut insiden kebakaran ini menyebabkan sebagian bangunan dan barang dagangan yang berada di depan toko hangus terbakar dan kerugian ditaksir mencapai Rp. 50 juta,” kata Kapolsek Sukoharjo mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi pada Jumat (31/3/2023) pagi

Lanjutnya, kata Iptu Pakpahan, diduga berasal dari meteran listrik di toko tersebut yang kemudian dengan menyebar dan membakar sebagian bangunan barang yang berisi barang mudah terbakar seperti makanan ringan kemasan plastik, Kardus

Insiden kebakaran itu pertama kali diketahui saksi Rudi Suyono (39) warga Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo yang eessmelintas didepan ruko dan melihat ada percikan api dari meteran listrik di toko sembako tersebut.

Toko Sembako di Pandansari Kabupaten Pringsewu Kebakaran Usai Buka Puasa (Foto Ist.)

Menurut Rudi, dari percikan dari meteran itu langsung membakar kabel instalasi listrik lalu tetasan kabel yang terbakar mengenai barang dagangan yang berada dibawahnya.

“Awalnya saya lewat didepan toko itu, la kok saya lihat ada percikan api dari meteran, lama lama kabelnya terbakar, netes terus kena dagangan dibawahnya,” kata Rudi

Setelah terkena tetasan kabel yang terbakar, lanjut Rudi, barang dagangan makanan ringan dibawahnya langsung terbakar dan api kemudian dengan cepat membesar.

“Saat itu saya langsung ngasih tahu warga sekitar lalu bantuin memadamkan api,” pungkasnya. (

Post a Comment

Previous Post Next Post