Tarik Wisatawan ke Pahawang, Pemkab Pesawaran Percantik Dermaga Wisata Ketapang dan Perbaiki Jalan






PESAWARAN - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berjanji memperbaiki jalan, menyiagakan ambulan dan paramedis saat meresmikan Dermaga Wisata Ketapang Bati Menyan, Kecamatan Teluk Pandan, Jumat (17/3/2023). "Insya Allah kita akan perbaiki jalan di Ketapang sehingga meningkatkan daya tarik wisatawan yang nantinya berefek pada peningkatan mata pencaharian karena orang datang berkunjung. Untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, kita akan siagakan ambulans dan paramedis di sini, bukan hanya di Dermaga 4 tapi untuk masyarakat sekitar juga,” kata.Dendi.
-
Bupati Dendi menuturkan, Pantai Ketapang eksis sebagai dermaga logistik dan nelayan ke Pulau Pahawang dan sekitarnya. Namun kini berubah menjadi Dermaga Wisata.

Untuk itu, dia meminta masyarakat setempat agar meningkatkan kapasitas SDM guna meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh dermaga yang ada. "Kualitas pelayanannya pun harus semakin ditingkatkan. Sebab kalau kita bandingkan dengan tempat wisata yang lain, disini bisa dibilang masing sangat kurang," kata Dendi Romadhona.

Menurut Dendi, wilayah Pantai Ketapang masih termasuk wilayah latihan militer. Dia bersyukur kini bisa menjadi wilayah wisata. Meskipun tetap harus mengimbangi sebagai lokasi latihan militer.

Tak hanya itu, Dendi juga berharap Ketapang ini naik kelas, dimulai dari tampilan infrastrukturnya, membuat warna dari pada rumah penduduk guna mendukung UMKM menjadi Kampung Pelangi. Oleh sebab itu, Dendi meminta dengan peresmian Dermaga 4 Ketapang sebagai Dermaga Wisata dapat menjadi contoh bagi dermaga lain untuk dapat naik kelas menjadi dermaga yang serba digital.

"Harapannya ini bisa dijadikan contoh, agar kedepannya dermaga-dermaga lain, baik itu Dermaga 1, 2 dan 3, agar dapat naik kelas seperti Dermaga 4 ini," kata Dendi.

Dia juga berpesan kepada pengelola wisata-wisata aset milik TNI Angkataan Laut agar dapat saling berkolaborasi dengan pemerintah. "Kita perlu lebih beradaptasi lagi tentang tata cara pembayaran, kita integrasikan satu sistem karena rata rata pembayaran saat ini non tunai. Banyak wisatawan yang tidak membawa lagi uang kas,” terangnya.

Di sisi lain, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengungkapkan, dalam mengembangkan wisata, yang perlu diutamakan yakni kenyamanan dan keamanan. Sebab, jika hal itu terwujud, maka wisata di Pesawaran pun dapat berkembang dengan baik.

"Dengan peresmian Dermaga tersebut, harapannya bisa membuat wisatawan merasa nyaman untuk dapat menikmati wisata di Ketapang. sedangkan untuk keamanan, itu sudah menjadi kewajiban Sat Polariud disini setelah dibentuk," tutur Kapolres.

Kapolres mengajak, seluruh masyarakat di wilayah Pantai Ketapang agar dapat menjaga seluruh dermaga yang ada. "Mulai dari kebersihannya, kemudian pembangunan yang sedang dibangun tolong dijaga, agar membuat pengunjung menjadi nyaman," tukasnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, Kajari Pesawaran, jajaran Forkopimda Kab Pesawaran, perwakilan Danlanal Lampung, perwakilan Danbrigif 4 Mar BS, Para Kepala OP Pesawaran, Camat Teluk Pandan, dan Kepala Desa, PT Adimatratama, dan perwakilan dari BUMN. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post