Jembatan bisa bergoyang di Way Seputih Lampung Tengah sampai bikin macet kendaraan

Lampung — Sejumlah pengendara mengkhawatirkan kondisi jembatan Way Seputih yang berada di jalur utama antar kota, di Kelurahan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, yang berlubang, dan sambungan jembatan yang tampak retak.


Dari lnformasi warga sekitar yang menyebut bahwa lubang yang ada di badan jembatan, serta retakan pada sambungan jembatan itu sudah terjadi beberapa bulan terakhir.

Namun, saat ini baik sambungan jembatan, maupun lubang dibadan jalan itu semakin membesar yang membuat badan jembatan saat dilintasi pengendara bergoyang, dan membuat kemacetan.

“Setiap harinya bisa kita bayangkan berapa ribu kendaraan yang melintas. Apalagi saat musim penghujan seperti sekarang ini. Yang menjadi titik kemacetan terjadi, karena para pengendara harus extra berhati-hati saat melintas,” ujar RE warga sekitar, kepada Kantor Berita Radar24.id Lampung, Kamis (2/3).
Begitu juga dari keterangan Rahman salah satu pengendara yang melintas dijembatan tersebut mengatakan bahwa badan jembatan bergerak ketika dilintasi, apalagi kendaraan dengan muatan berat, sehingga harus melintas secara perlahan.

Hal itu yang menyebabkan kemacetan panjang baik dari arah Bandar Lampung, maupun sebaliknya.

“Apalagi seperti kendaraan bermuatan berat seperti yang kita gunakan, saat berada di badan jembatan terasa bergerak. Sementara jembatan inikan akses vital penghubung jalan. ya kalau bisa ada perhatian, dan perbaikan dari Pemerintah,” harapnya.

Menanggapi hal itu dari keterangan Sekretaris Bina Marga (BM) Lamteng, Irham menyebut bahwa pihaknya selama ini sudah beberapa kali melakukan perbaikan jembatan tersebut.



Tetapi, pihaknya hanya bisa memperbaiki kerusakan seadanya, karena jembatan itu bukan kewenangan pihaknya BM Lamteng, karena masuk dalam kewenangan Balai Jembatan Nasional (BJN) Prov.Lampung.

“Bahkan, beberapa waktu lalu kita sudah mengirimkan surat ke BPJN XIX Prov.Lampung, tepatnya pada tanggal 16 Februari 2023 lalu, meminta perbaikan dan penanganan jembatan Way Seputih, namun hingga saat ini masih belum ada respon ataupun tindak lanjut, ya kita tunggu saja,” ungkap Irham.

Post a Comment

Previous Post Next Post