Wali Kota Bandar Lampung Targetkan Prevalensi Stunting Jadi 8 Persen



Bandar Lampung - Kota Bandar Lampung berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 19,4 persen menjadi 11 persen. Meski begitu, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana tetap menargetkan prevalensi stunting kembali turun menjadi 8 persen.

Eva mengatakan untuk mengejar target itu pihaknya akan membangun kerja sama lintas sektor. Sebab, menurutnya masalah stunting tidak bisa diselesaikan pemerintah sendirian.

Pemerintah akan menyasar kelompok remaja untuk memberikan edukasi ihwal stunting. Menurutnya, remaja sebagai calon orang tua penting memiliki pengetahuan tersebut agar bayi tidak lahir stunting.
isa turun jadi 8 persen, karena kalau zero tidak mungkin," ungkapnya di Aula Gedung Semergou, Senin, 6 Februari 2023.

Pihaknya optimis bisa mencapai target tersebut selama 2023. Terlebih, kata Eva, pemerintah pusat telah menyediakan anggaran Rp7 miliar untuk membantu Kota Bandar Lampung menangani stunting.

Pihaknya akan menyediakan layanan KB dan kesehatan untuk menyentuh masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok. Hal itu dilakukan dengan menyediakan mobil KB yang akan berkeliling menemui masyarakat yang sulit mengakses layanan kesehatan.

"Nanti pemerintah akan membeli mobil KB. Bukan hanya untuk KB, tapi juga pelayanan kesehatan. Ini untuk menyentuh wilayah pelosok Kota Bandar Lampung," kata dia.

Hal tersebut lebih kecil dari yang ditargetkan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo yakni 10 persen. Kemudian ia juga menambahkan, pemerintah perlu memberikan edukasi kepada orang tua terkait gizi anak. Anak harus mengikuti imunisasi dasar dan mendapat ASI agar tidak terkena stunting.

Hasto Wardoyo menuturkan, saat ini banyak orang tua yang merasa sibuk dan tidak sempat mengurus anak. Sehingga kebanyakan anak hanya diberikan susu formula.

"Padahal yang direkomendasikan adalah makanan pendamping ASI, jadi ASI-nya tetap diberikan," kata dia.

Post a Comment

Previous Post Next Post