Pemkab Pesawaran Dorong Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pariwisata



GEDONG TATAAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran terus meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sektor pariwisatanya. Dengan semboyan Bumi Wisata Sejuta Pesona, Pemerintah telah menetapkan 50 Desa Wisata atau One Village One Destination (OVOD).

Ia menambahkan Pesawaran memiliki 18 pantai, 39 pulau dan lebih dari 95 destinasi wisata. Dan mulai tahun 2023, Dinas Pariwisata Pesawaran telah mengupayakan dukungan terhadap pendapatan asli daerah melalui aplikasi SAPDA (Sistem Aplikasi Pariwisata Daerah).

“Aplikasi ini dapat digunakan wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata untuk melakukan pembayaran menggunakan metode non tunai seperti gopay, dana, ovo, link aja atau QRIS, yang dapat dilihat secara realtime pada dashboard pariwisata di domain: sapda.pesawarankab.go.id.,” imbuhnya.

Pemerintah daerah juga telah melakukan perjanjian kerjasama dengan beberapa desa dalam hal ini untuk kunjungan wisatawan di desa seperti wisata air terjun, mangrove maupun wisata alam lainnya.

Ia mengharapkan dukungan dari berbagai elemen baik pemerintah daerah, provinsi maupun pusat. Serta, pihak swasta, masyarakat maupun pengusaha khususnya para pelaku usaha pariwisata untuk mewujudkan optimalisasi pendapatan daerah di Kabupaten Pesawaran.

“Dengan adanya dukungan dari semua pihak, niscaya peningkatan pembangunan di Kabupaten Pesawaran terutama sarana dan prasarana baik akses, infrastruktur, fasiilitas maupun investasi akan dapat terwujud,” ucapnya.

Kabupaten Pesawaran sendiri merupakan salah satu tujuan wisata bagi wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Dan setiap tahunnya kunjungan wisatawan mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya destinasi wisata. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post