Pemkab Lampung Selatan Bersama Ketua TP PKK Lakukan Kunjungan Kerja Di Lapas Way Hui


Lampung Selatan - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto mengikuti kegiatan Peningkatan Pemberdayaan Perempuan, Selasa (21/02/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Way Huwi tersebut, merupakan program kerja dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan tersebut diawali dengan senam bersama dan peninjauan kebun taman dan kolam yang dikelola oleh warga binaan.

Pada kesempatan itu, Kepala Lapas Putranti Rahayu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ketua TP PKK beserta jajaran Pemerintah Daerah Lampung Selatan yang telah memberikan pembinaan.

Dirinya mengatakan, jumlah warga binaan di lapasnya berjumlah 230 orang, yang dimana mereka semua mendapatkan pembinaan kepribadian dan kemandirian.

“Pembinaan kepribadian yang mereka didapatkan diantaranya keagamaan, pendidikan pramuka, kesadaran negara dan hukum serta bidang kemandirian. Para warga binaan kami mendapatkan pelatihan mulai dari kerajinan, menjahit, tata boga, perkebunan dan ternak ikan dan ada juga dibidang kesenian,” ungkapnya.

Putranti Rahayu juga meminta agar Pemerintah Daerah dan TP PKK Kabupaten Lampung Selatan turut serta mendukung program-program pembinaan yang ada di lapas.

“Pembinaan kami ini harus juga didukung oleh Pemerintah Daerah dan TP PKK Kabupaten agar berjalan baik dan bermanfaat, semoga dengan adanya kegiatan ini Lapas kami bisa mengalami perbaikan dan berkembang baik dalam membina para warga,” kata Putranti.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan pemberdayaan perempuan menuju keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Dalam kegiatan ini saya harap bisa benar-benar diwujudkan dan berhasil untuk menjadikan perempuan hebat khususnya perempuan hebat yang ada dilapas ini,” ungkap Winarni.

Dirinya menyampaikan, kepada warga binaan agar mendapatkan pembinaan dan pendampingan untuk menjadikan sebagai insan yang lebih baik kedepannya.

Sebagai ketua TP PKK dirinya mengatakan, perlu juga diberikan pembinaan pemberdayaan lahan pekarangan untuk menjadi lahan produktif dan menghasilkan.

“Di PKK ini bu, ada program pemanfaatan pekarangan rumah menjadi lahan produktif, jadi bisa ditanami tanaman yang bisa dikonsumsi, membuat kolam dan juga kandang, nah ini bisa diterapkan dan diberikan pembinaannya kepada warga binaan,” kata Winarni

Dirinya mengungkapkan pembinaan dari Lapas banyak sekali hal-hal dan kegiatan yang positif untuk menumbuhkan kemandrian dan kreatifitas yang bisa mereka gunakan di tengah-tengah masyarakat.

“Saya juga selaku ketua Dekranasda apresiasi dan berbangga dengan hasil kerajinan yang dibuat oleh warga binaan dan tidak kalah dengan pengrajin Profesional, kedepannya saya akan membantu agar hasil kerajinan ini bisa dipasarkan dan masuk di sentra UMKM Kabupaten,” ungkapnya.

Winarni berpesan jadilah perempuan yang berdaya untuk berperan membantu kemajuan bangsa sesuai dengan bidang dan keahliannya dan tetap semangat ikuti semua pembinaan yang diberikan, dan juga menjadikan kesalahan sebagai pengalaman dan pelajaran untuk memperbaiki diri kedepannya.

Pada kesempatan itu diserahkan pula bantuan-bantuan untuk para warga binaan dan Lapas secara simbolis yang diserahkan langsung oleh Winarni didampingi para pejabat yang hadir. (KMF)

Post a Comment

Previous Post Next Post