Ketua TP PKK Lampung Selatan Hadiri Penilaian Lomba Desa Di Kecamatan Merbau Mataram


Lampung Selatan - Ketua Tim Pnggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri penilaian Lomba Desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan di Kecamatan Merbau Mataram, Rabu (22/02/2023).

Penilaian Lomba Desa yang dilakukan di Desa Tanjung Baru ini adalah titik ke-9 yang mendapatkan penilaian oleh Tim Penilai Lomba Desa dari Kabupaten.

Helmi Yusuf selaku Kepala Desa Tanjung Baru meyampaikan Kepala Desa Tanjung Baru pertama adalah di tahun 1950.

Helmi menungkapkan Fasilitas di bidang pendidikan di desanya terbilang lengkap karena mulai PAUD, SD, SMP, SMA hingga Pondok Pesantren.

“Sarana pendidikan di desa kami cukup lengkap pak dari mulai dari PAUD sampai SMA juga pondok pesantren sudah tersedia,” kata Helmi.

Dirinya mengungkapkan di desanya memiliki Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang bergerak di pengelolaan sampah desa.

Selain itu, juga Helmi mengatakan BUMDes tersebut sesang berinovasi yaitu bekerjasama dengan developer perumahan untuk membangun rumah bersubsidi.

“Inovasi kami ada di BUMDes dengan pengolahan sampah dan sedang bekerjasama dengan developer perumahan untuk membuat perumahan subsidi,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Staf Ahli bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Forkopimcam Merbau Mataram, Ka UPT Se- Kecamatan Merbau Mataram, Kepala Desa Se- Kecamatan Merbau Mataram, Ketua DWP Yani Thamrin.

Winarni dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Desa Tanjung Baru yang mewakili Kecamatan Merbau Mataram dalam penilaian lomba desa. Menurutnya, penilaian itu pasti membawa efek positif untuk perbaikan di desa dan majunya suatu desa.


"Kalau desa ini sudah terpilih maju mewakili kecamatan, pasti ada pembinaan yang tujuannya untuk memperbaiki aspek yang ada di desa untuk kemajuan desa itu sendiri," kata Winarni.

Winarni mengatakan dukungan dari masyarakat dan semua pihak termasuk tokoh agama dan masyarakat sangat dibutuhkan agar desanya bisa terpilih mewakili Kabupaten di Tingkat Provinsi.

“Pak, tidak hanya pemerintah desa tapi dukungan dari semua masyarakat bergotong royong agar Desa Tanjung Baru ini bisa juara mewakili Kabupaten,” katanya.

Terkait BUMDes yang dimiliki Tanjung Baru ini adalah wadah untuk meningkatkan pendapatan desa dan hal tersebut adalah salah satu aspek penilaian menurutnya hal tersebut juga salah satu upaya menuntaskan kemiskinan di desa.

“Inovasi desa harus dimiliki yang kedepannya juga bertujuan untuk meningkatkan PAD kalau PAD tinggi masyarakat sejahtera,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Yanny Munawarty yang hadir membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan mengatakan dipilihnya Desa Tanjung Baru untuk mewakili Kecamatan Merbau Mataram tentunya sudah siap di segala aspek.

“Saya kira Desa Tanjung Baru ini mewakili Kecamatan Merbau Mataram sudah siap di semua aspek untuk mengikuti Lomba Desa,” katanya.

Dirinya berharap penilaian lomba desa menjadi evaluasi perkembangan desa sekaligus mendorong dan memotivasi desa untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.

“Untuk mencapai tujuan pembangunan desa ada dua indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa, keduanya menjadi patokan ataupun tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan semua program Desa harus dikawal, bangun kebersamaan, gotong royong yang tinggi, untuk visi Desa Tanjung Baru dapat tercapai.

Pelaksanaan penilaian lomba desa tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi Bidang Pemerintahan, Kewilayahan, dan Permasyarakatan.

Dalam sambutannya juga disebutkan banyak potensi yang ada di Desa Tanjung Baru yang perlu dioptimalkan oleh masyarakatnya dan aparatur desa, Produk lokal dan UMKM harus tingkatkan lagi.

kepada tim penilai lomba, dirinya minta kepada untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat reformasi. “maka tim harus benar-benar objektif, selektif dalam memberikan penilaiannya. Kita harus ingat, bahwa ajang lomba desa ini tentu saja puncaknya akan bermuara pada terpilih dan belum terpilihnya suatu Desa menjadi Juara,” terangnya.

Diakhir kegiatan Winarni bersama rombongan didampingi aparatur kecamatan dan desa meninjau pelayanan dan pos pos serta toga milik Desa Tanjung Baru. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post