Diganti Jadi Masjid Raya Al Bakrie, GOR Saburai Mulai Dibangun di PKOR Wayhalim









Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua DPRD Mingrum Gumay dan Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Samsudin, melakukan Groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) di PKOR Way Halim, Senin (20/02).

GOR di PKOR Wayhalim ini merupakan pengganti GOR Saburai yang dialihfungsikan menjadi Masjid Raya Al Bakrie Lampung.

Samsudin mengatakan, sesuai dengan amanat dari undang-undang keolahragaan bahwa untuk mengalihfungsikan sarana olahraga wajib diganti dengan sarana olehraga yang baru.


"Dengan dibongkarnya GOR Saburai yang dialihfungsikan menjadi Masjid Raya, maka Pak Gubernur menggantinya dengan membangun penggantinya di PKOR Way Halim ini, Pak Gubernur ini taat akan peraturan perundang-undangan dan tata hukum," kata Samsudin.

Menurut Samsudin, Kemenpora mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung yang menggiatkan pembangunan sarana olahraga sebagai bukti bahwa olahraga semakin maju di provinsi Lampung.

"Provinsi Lampung sekarang sudah 10 besar prestasinya saat PON di Papua, dengan dibangunnya GOR dan Sport Center yang ada di dekat Itera, diharapkan akan memacu olahraga lebih baik lagi, bisa jadi Lampung meraih prestasi 5 besar PON di Aceh dan Sumatera Utara mendatang," ujar Samsudin.

Sementara itu Gubernur Arinal menyatakan bahwa pembangunan GOR di PKOR Way Halim ini akan dibangun dengan konsep yang lebih modern dan multifungsi agar selain dapat memajukan dunia olahraga juga memajukan perekonomian masyarakat.

"Jadi nanti akan ada perpustakaan, cafe-cafe dan sarana lainnya, yang akan kita jadikan satu dengan Pusat Pasar UMKM, olahraga juga harus dikembangkan menjadi suatu industri yang mampu memberikan kontribusi dan pembangunan ekonomi bangsa," ujar Arinal.

Arinal melanjutkan, GOR ini akan digunakan untuk keperluan olahraga secara umum, dan diharapkan bisa berfungsi dengan baik berdampingan dengan stadion utama, dan beberapa sarana cabang olahraga lainnya yang ada di PKOR Way Halim.

GOR yang akan dibangun di PKOR Way Halim berada di atas lahan seluas 17.307,7 m², dengan luas bangunan 6.049,5 m², Luas Parkir 6.521,8 m², dan Kapasitas Tribun 1.500 Penonton.

Kemudian pada GOR tersebut juga akan dibangun beberapa fasilitas, diantaranya adalah Lapangan Serbaguna, Ruang Official & Meeting, ruang pemain, ruang loker, ruang kontrol/komentator, mushola, ruang genset, ruang servis, ruang ticketing, ruang pengelola, toilet, dan store.

Post a Comment

Previous Post Next Post