BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Sejumlah Wilayah Indonesia



Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu kedepan, yakni periode 24 Februari – 2 Maret 2023 di sejumlah wilayah Indonesia.

Berdasarkan pantauan awak media ini Sabtu (25/2/2023), BMKG mendapati gelombang atmosfer Kelvin dan Rossby Equator diprakirakan akan cukup aktif terutama di sebagian besar wilayah Indonesia pada periode 24 Februari hingga 2 Maret 2023. MJO berada di

fase 8 (West. Hem. and Africa) dan diprakirakan akan memasuki fase 1 (West. Hem. and Africa, Netral) dalam satu minggu kedepan.

Angin di lapisan bawah bertiup dari Barat – Utara dengan kecepatan berkisar antara 2 – 34 knot, pola sirkulasi siklonik dan pola vorteks diprakirakan akan terbentuk di wilayah Barat Aceh, serta Australia bagian barat dan utara.

Kelembapan udara lapisan menengah cukup basah (lebih dari 60 persen) pada periode 24 –26 Februari 2023 di sebagian besar wilayah Indonesia, sedangkan pada periode 27 Februari– 2 Maret 2023 kelembapan udara lapisan menengah cukup basah berada di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di sebagian wilayah Nusa Tenggara bagian timur.

Maka berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi hujan lebat akan mendominasi sebagian Sumatera bagian tengah dan selatan, Kepulauan Riau, Jawa, Kalimantan, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, Sulawesi bagian utara, tengah dan selatan, Kepulauan Maluku bagian selatan, serta Papua bagian tengah pada periode 24 – 26 Februari 2023.

Untuk periode 27 Februari – 2 Maret 2023 potensi hujan lebat terdapat di sebagian Sumatera bagian utara, tengah dan pesisir barat, sebagian Jawa, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi bagian tengah dan selatan, Kepulauan Maluku bagian selatan, dan Papua.

Sementara untuk periode sepekan ke depan (24 Februari – 2 Maret 2023) wilayah yang akan didominasi dengan kondisi berawan hingga berpotensi hujan ringan terdapat di Sumatera bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian barat dan utara, Sulawesi bagian tengah dan utara, Kepulauan Maluku bagian tengah dan utara, serta Papua bagian barat.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa, sebagian Kalimantan, Sulawesi bagian barat dan selatan, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku bagian tengah dan selatan, Papua Barat bagian timur, serta Papua.

Sedangkan potensi hujan lebat diprakirakan akan terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Post a Comment

Previous Post Next Post