Musdes Pekon Biha, Prioritaskan Pemerataan Pembangunanan Desa

 

Pesisir Barat - Pemerintah Pekon Biha, Pesisir Selatan, Pesisir Barat (Pesibar) menggelar Musawarah Desa (Musdes) pembentukan penyusun Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJM Des) Selasa (24/1/2023).

Pembahasan dan penyepakatan RPJM Desa Tahun 2022 - 2028 dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Des) Tahun 2023 berlangsung di balai Pekon Setempat.

Peratin Pekon (Desa) Biha, Rizkon Alhuda S.H., mengatakan pihak nya bersama Lembaga Himpunan Pekon (LHP) beserta warga sebelumnya telah melakukan tahapan musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Dusun (Musdus) dan kemudian dilanjut dengan Musyawarah Desa (Musdes).

"Pengalokasian dana di tahun 2023 untuk BLT DD maksimal 25 persen minimal 10 persen, sementara untuk ketahanan pangan 20 persen, kemudian pemberdayaan dan pembangunan fisik," jelas Peratin Pekon Biha Rizkon Alhuda.

Sementara untuk pembangunan fisik Rizkon mengatakan difokuskan untuk pembangunan jembatan penghubung di pemangku Way Nipah.

"Selain sebagai jalur penghubung para Siswa SMPN 13 Krui dengan SMAN 1 Pesisir Selatan. Pembangunan Jembatan juga bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat, mengingat selama ini harus memutar sepanjang 1 kilometer saat berkunjung ke Pemangku Way Nipah," Ujar Rizkon.

Sedangkan untuk pemberdayaan di bidang kemasyarakatan diantaranya penanganan Stunting, kesehatan, PKK, Karang Taruna. Kemudian untuk pembinaannya seperti guru ngaji, imam Masjid dan Linmas.

"Insya Allah dengan berakhirnya dampak Covid 19 ini kita bisa fokus ke pemerataan pembangunan," pungkasnya. (Andrean)

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel