Ini Tanggapan Partai di Lampung Soal Kemungkinan Kursi DPRD Berkurang

Bandar Lampung -- Jumlah kursi DPRD Provinsi Lampung untuk pemilu 2024 diprediksi berkurang menjadi 75 kursi dari dari periode 2019 yaitu 85 kursi.


Menanggapi hal itu, DPW NasDem Lampung sama sekali tidak terpengaruh. "NaDesm sejak daftar ke KPU dan dapat nomor urut 5 sangat siap ikuti pemilu 2024," ujar Wakil Ketua DPW NasDem Lampung, Rakhmat Husein, Minggu, 01 Januari 2023.

Terkait potensi pengurangan jumlah kursi, NasDem Lampung siap menghadapi pileg 2024 dengan demand kursi yang makin menurun. Asalkan memang penurunan kursi sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku. "Kami siap mengikuti dan menjalankannya, (keputusan KPU RI)," kata dia.

Jika memang kursi turun, NasDem Lampung telah menyiapkan strategi dalam penjaringan bacaleg, hingga penempatan caleg-caleg potensi di tiap dapil. Namun, strategi tersebut bersifat internal partai. "Kami sedikitpun tidak takut dan gentar pada pemilu 2024 nanti," kata dia.

Sementara itu Sekretaris DPD Tingkat I Golkar Lampung, Ismet Roni mengatakan tidak merubah strategi apapun meski potensi penurunan kursi DPRD Lampung terbuka lebar. "Kami partain besar tidak ada masalah, kami tetap fokus dengan yang ada kondisi saat ini (penjaringan bacaleg)," kata dia.


Pihaknya tidak mau berandai-andai dan mengambil kebijakan dari wacana yang belum pasti kebernarannya. Golkar tetap menunggu hasil kajian dan keputusan dari KPU RI dan KPU Lampung. "Kami nunggu keputusan dari KPU RI," kata dia.

Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis (Juknis) dari KPU RI soal penataan dapi DPR dan DPRD Provinsi Lampung. "Masih menunggu PKPU dari KPU RI," kata dia.

Untuk diketahui, jumlah kursi DPRD Lampung pada pemilu 2019 mencapai 85 Kursi. Rinciannya PDI-P 19 kursi, Gerindra 11 kursi, Golkar 10 kursi, Demokrat 10 kursi NasDem 9 kursi, PKB 9 kursi, PKS 8 kursi PAN 7 kursi, dan PKS 1 kursi.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel