Bupati Nanang Ermanto Resmikan 72 Unit Program BSPS Di Kecamatan Natar Dan Jati Agung

JATI AGUNG, Diskominfo Lamsel- Sebanyak 72 Unit bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang tersebar di dua kecamatan Natar dan Jati Agung diresmikan dan diserahterimakan oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kepada warga penerima bantuan Senin (2/1/2023).



Untuk diketahui, usai menyerahkan dan meresmikan bantuan stimulan perumahan swadaya di desa Jatimulyo kecamatan jatiagung Bupati Nanang beserta rombongan menuju kecamatan Natar.

 Dari data yang dihimpun Total jumlah Bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) tahun anggaran 2022 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD dan APBN yang tersebar di lima kecamatan di kabupaten Lampung Selatan yakni Kecamatan Bakauheni, Kalianda,Katibung, Jatiagung dan Natar sebanyak 219 unit yang sudah selesai dibangun dan diserahterimakan kepada warga penerima bantuan dan 1 orang mengundurkan diri dari daftar penerima bantuan dari total sebanyak 220 unit.

Adapun jumlah bantuan untuk di Kecamatan Jatiagung tepatnya di RT 23, Dusun 2 C, Desa Jatimulyo sebanyak 36 Unit dan 36 Unit di Dusun Sari Rejo, Desa Natar Kacamatan Natar dengan total jumlah di dua kecamatan tersebut sebanyak 72 Unit.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutan nya mengatakan, terkait program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) untuk di Lampung Selatan masih banyak rumah tidak layak huni.

Tentunya dalam hal ini menjadi perhatian khusus bersama pemerintah kabupaten untuk bagaimana di tahun 2023 kedepan dari total 9.000 lebih rumah yang tidak layak huni tersebut bisa menjadi rumah layak huni.

“Untuk itu, dengan kebersamaan dan semangat gotong royong bersama serta do’a dan dukungan masyarakat kabupaten Lampung Selatan, mudah-mudah dari total sembilan ribu lebih rumah yang tidak layak huni itu bisa kita selesaikan ditahun-tahun berikutnya,”ucapnya.

“Alhamdulillah untuk di kecamatan Jatiagung khususnya Desa Jatimulyo terdapat sebanyak 36 Unit rumah Bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) yang sudah di bangun dan pada hari ini kita serahterima kan kepada warga penerima,”imbuhnya.


Ia juga berharap, masyarakat penerima bantuan dapat hidup lebih nyaman di rumah yang ditempati. Serta mewujudkan hidup sehat dengan hunian yang lebih layak.

“Saya mohon dijaga dan dirawat dengan baik rumah nya agar kenyamanan rumah yang selesai dibangun ini bener-bener dirasakan manfaatnya,”tambahnya.


Sementara kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Selatan Dulkahar menjelaskan, Rumah Bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan stimulan yang dapat dilaksanakan masyarakat penerima untuk membangun rumah layak huni dan sehat secara swadaya.

Program pemerintah tersebut, dilaksanakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) baik yang bersumber dari APBN maupun APBD di Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2022.

“Ini salah satu bentuk perhatian yang diberikan oleh bapak bupati Nanang Ermanto kepada masyarakat yang memiliki rumah atau tempat tinggal tidak layak huni. Melalui program BSPS ini diharapkan mampu mempercepat warga kurang mampu tersentuh bantuan hunian yang layak dan sehat,” terangnya.

“Kami Pemerintah akan terus berupaya agar program bantuan tersebut bisa terus dilaksanakan untuk menjangkau seluruh masyarakat yang memiliki hunian tidak layak huni namun belum mendapatkan BSPS,” ucapnya Dulkahar.


Eka Prihartini (46) salah satu warga penerima bantuan di desa Jatimulyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang telah memberikan bantuan bedah rumah.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sudah diberikan bantuan bedah rumah dari pemerintah Kabupaten, terimaksih pak bupati rumah kami sudah dibangun tanpa adanya bantuan dari pak bupati kami belum bisa membangun rumah ini sendiri karena terkendala biaya,”ungkapnya.

Dia juga berharap agar program bedah rumah yang diberikan masih bisa terus berlanjut dan berharap agar saudara-saudara kita yang belum bisa menerima bantuan ini bisa juga mendapatkan bantuan rumah yang layak huni.


Hal senada juga disampaikan M. Sarkowi warga penerima bantuan di dusun Sari Rejo, Desa Natar, kecamatan Natar, Ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto atas di bangun nya rumah miliknya yang tadinya sebelum mendapatkan bantuan bedah rumah ketika hujan turun atap rumahnya bocor air hujan masuk kedalam rumah.

“Kalo pas musim penghujan turun ini genteng atap rumah pada bocor jadi harus mindahin barang-barang agar tidak kebocoran,”kata Sarkowi menceritakan kondisi rumahnya sebelum mendapatkan bantuan.

Dalam acara tersebut turut hadir mendampingi Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sekertaris Daerah kabupaten Lampung Selatan Tahmrin S.Sos., M.M, Ketua TP-PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin, para Kepala Perangkat Daerah, Camat beserta Forkopimcam Kecamatan Natar-Katiagung dan Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan, Rosdiana dan Farida. (ant)

Post a Comment

Previous Post Next Post