Apindo Bersama IIB Darmajaya implementasi program UMKM Merdeka

Bandarlampung, – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Lampung bersama Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya merencanakan kolaborasi bersama organisasi dan komunitas di Lampung dalam implementasi program UMKM Merdeka.



Hal ini terungkap dalam pertemuan dengan Asosiasi Manajemen (AMA) Indonesia chapter Lampung, Indonesian Marketing Association (IMA) Lampung, dan Yuk Bisnis pada Senin, (9/1/23). Pertemuan tersebut dihadiri Ketua DPD Apindo Lampung Ary Meizari Alfian, S.E., M.B.A., Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., Ketua AMA chapter Lampung Dr. Alex Tribuana Sutanto, S.T., M.T., Presiden IMA Lampung Heri Andrian, S.E., M.M., dan Ketua Yuk Bisnis Wilayah Lampung Fadlan. Turut hadir juga Direktur MBKM IIB Darmajaya Dr. Said Hasibuan, S.Kom., M.Kom., dan Kepala UPT Inkubitek, Career Center dan Alumni IIB Darmajaya Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M.

Ary –biasa dia disapa – mengatakan, pertemuan dengan beberapa pihak untuk membahas implementasi program UMKM Merdeka yang akan dilaksanakan di wilayah Sumatra. “Kami sebelumnya telah melaksanakan program UMKM Merdeka dengan IIB Darmajaya melalui Magang UMKM Merdeka yang sangat berhasil dengan antusias binaan UMKM dari naungan dibawah Apindo Lampung,” ungkap dia seperti dilansir http://darmajaya.ac.id

Menurut dia, selama pelaksanaan magang, UMKM menjadi berkembang baik secara pemasaran maupun dalam pengelolaan administrasi keuangan. “Mahasiswa juga dapat secara langsung mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di dalam kelas. UMKM menjadi laboratorium mahasiswa untuk menerapkan strategi promosi, pengembangan produk, pengaturan keadministrasian dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Untuk menjangkau tujuan dalam kemandirian UMKM sebagai penopang perekonomian bangsa, kata Ary, Apindo akan mengembangkan program UMKM Merdeka hingga menyeluruh di Pulau Sumatra. “Oleh karena itu dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk omunitas seperti IMA, AMA dan Yuk Bisnis,” ujarnya.

Ary menerangkan dengan keterlibatan berbagai pihak untuk memberikan mentoring kepada mahasiswa ataupun UMKM dalam pelaksanaan program. “Keterlibatan komunitas dan organisasi ini adalah dalam hal penyediaan mentor dalam proses pembinaan UMKM,” terangnya.

Terpisah, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc mendukung, program UMKM Merdeka untuk menjangkau lebih banyak lagi dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Mahasiswa juga akan menerapkan ilmunya langsung kepada UMKM selaku objek laboratoriumnya di masyarakat,” ungkapnya.

Menurut dia, program ini pertama kali IIB Darmajaya mendapatkan kesempatan langsung oleh Apindo Lampung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM. “Program UMKM Merdeka juga sejalan dengan kebijakan Mas Menteri dalam program MBKM yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama satu semester,” ujarnya.

Firmansyah berharap, program UMKM Merdeka dapat terus berjalan dengan tidak hanya dilaksanakan di Bandarlampung. “IIB Darmajaya juga siap untuk menerjunkan mahasiswa dalam implementasi UMKM Merdeka selanjutnya,” tutupnya. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post