Tambah Dua, Kini di Bandar Lampung Ada 15 Puskesmas Rawat Inap

Bandar Lampung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menambah dua bangunan puskesmas rawat inap, yaitu Puskesmas Way Laga di Kecamatan Sukabumi dan Puskesmas Kampung Sawah, di Kecamatan Tanjung Karang Timur.


Dengan bertambahnya dua bangunan tersebut, kini Bandar Lampung memiliki 15 puskesmas rawat inap.

Sebelumnya Bandar Lampung hanya memiliki 13 puskesmas rawat inap yakni Puskesmas Sukarame, Satelit, Sukabumi, Way Halim, lalu Gedong Air, Kemiling, Simpur, kemudian Kota Karang, Kedaton, Panjang, Way Kandis, serta Sukaraja, dan Sukamaju.

“Kalau puskesmas, kita masih 31 di seluruh kecamatan di Bandar Lampung. Tapi untuk rawat inapnya, alhamdulillah kita sudah meresmikan 2 puskesmas, jadi sekarang total 15 puskesmas rawat inap,” kata Walikota Bandar Lampung, EvaDua puskesmas yang baru diresmikan, sebelumnya hanya rawat jalan. Namun Pemkot setempat membuatnya menjadi dua tingkat dan menambah pasilitas, sehingga menjadi rawat inap.



“Kalau puskesmas lainnya kan masih bagus-bagus. Tapi kita akan ke puskesmas lainnya juga, Insya Allah secara bertahap jadi ada yang sudah dibangun ada yang belum,” ujarnya.

Dengan perbaikan dan penambahan gedung pada puskesmas rawat inap, Eva menuturkan, puskesmas rawat inap nantinya akan ditambahkan tenaga medis utama yakni dokter.

“Di Puskesmas Kampung Sawah ini sekarang bertambah menjadi 56 perawat. Sehingga kalau masyarakat jangan ragu untuk datang berobat kesini. Karena Insya Allah gedung udah bagus dan juga berawatnya sudah ditambah,” tutur Eva.

Eva mengaku, pihaknya akan membangun kembali beberapa puskesmas rawat jalan menjadi rawat inap pada 2023.

"Kita harapkan PAD nya membaik, sehingga tahun depan bisa membangun 2 atau 3 puskesmas rawat inap," ucapnya.

Ia berpesan, kepada nakes di seluruh Kota Bandar Lampung untuk mengedepankan keramahan kepada masyarakat yang datang berobat.

"Harus melayani dengan senyuman dan menerima siapapun yang hendak berobat. Artinya harus memberikan pelayanan yang terbaik. Karena dengan senyum Insya Allah yang sakit akan jadi sehat. Kalau kita pelayanan baik orang juga akan senang dengan kita,” tandas Eva.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) kota Bandar Lampung Iwan Gunawan mengatakan, pembangunan puskesmas rawat inap ini memakai anggaran APBD 2021.

"Anggarannya sekitar Rp5 miliiar untuk 1 Puskesmas. Jadi untuk 2 Puskesmas itu sekitar Rp10 miliyar," kata Iwan.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel