Kejutan Singa Atlas Maroko Berakhir, Kalah 0-2, Prancis ke Final Piala Dunia 2022 Lawan Argentina

QATAR - Timnas Prancis berhasil melaju ke final Piala Dunia 2022 Qatar setelah menundukkan perlawanan sengit Maroko dalam laga semifinal, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Pada pertandingan di Stadion Al Bayt, Al Khor itu, Prancis mengalahkan wakil Afrika dengan skor 2-0 melalui gol yang dicetak Theo Hernandez pada menit ke-5 dan Randal Kolo Muani (79').




Kemenangan ini membuat Prancis sukses mencapai babak final Piala Dunia secara back-to-back mengikuti jejak Italia (1934, 1938), Brasil (1958, 1962 dan 1994, 1998, 2002), Belanda (1974, 1978), Argentina (1986, 1990) dan Jerman (1882, 1986).

8ementara bagi Maroko, hasil ini mengakhiri rentetan kejutan yang mereka tunjukkan selama Piala Dunia 2022 Qatar usai menjadi juara Grup F mengungguli Kroasia, Belgia dan Kanada, hingga mengalahkan Spanyol dan Portugal di fase gugur.

Meski tersingkir, Maroko asuhan Walid Regragui berhasil mencatatkan sejarah sebagai tim Afrika pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Dunia.

Jalannya Pertandingan

Dikutip dari Suara.com (jaringan media Lampungpro.co), Timnas Prancis tak terlalu bermain agresif di awal pertandingan. Maroko justru lebih banyak menguasai bola dan coba memberikan ancaman. Namun, hanya lima menit laga berjalan, Prancis mampu membuka keunggulan. Theo Hernandez mencetak gol lewat tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Hernandez memanfaatkan bola rebound hasil tembakkan Kylian Mbappe yang berhasil diblokir bek Maroko lewat tembakkan akrobatik yang sukses memperdaya kiper Yassine Bounou.

Lima menit berselang, giliran Maroko yang memberikan ancaman serius. Sebuah operan manis sampai kepada Azzedine Ounahi di batas kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakkan ke sisi kanan gawang. Kiper Prancis Hugo Lloris hampir terperdaya namun ternyata berhasil lakukan sebuah penyelamatan brilian pada akhirnya.

Pada menit ke-17, Prancis hampir menggandakan keunggulan. Namun, Olivier Giroud gagal memanfaatkan peluang emas di mana tembakkannya dari dalam kotak penalti cuma membentur tiang kiri gawang.

Maroko mendapat petaka dimana Romain Saiss tidak mampu melanjutkan permainan dan harus digantikan Selim Amallah pada menit ke-21. Meski demikian, wakil Afrika ini tetap dominan dalam penguasaan bola dan beberapa kali meneror gawang Prancis meski hasil yang diinginkan tak kunjung terwujud.

Pada menit ke-36, Giroud lagi-lagi mendapat kesempatan bagus. Operan Aurelien Tchouameni dia konvernsi menjadi tembakkan dari dalam kotak penalti tetapi bola melebar tipis di tiang kiri gawang.

Prancis hampir mencetak gol tiga menit berselang. Raphael Varane mendapatkan bola hasil tendangan sudut tetapi usahannya untuk melepaskan tembakan melenceng tipis di sisi kanan gawang. Jelang babak pertama berakhir, Hugo Lloris dipaksa melakukan penyelamatan sensasional untuk menggagalkan sebuah peluang besar dari Maroko.

Bola rebound jatuh ke kaki Jawad El Yamiq di batas kotak penalti, dan dia melepaskan sebuah tembakan ke arah sudut kiri bawah gawang. Namun, Lloris berhasil melompat dan meninju bola sehingga membentur tiang gawang dan menjauh.

Di babak kedua, Maroko yang masih tertinggal tampil kian agresif. Mereka beberapa kali membuat lini pertahanan Les Bleus pontang panting tetapi hingga menit ke-65 skor 1-0 untuk Prancis tidak berubah.

Prancis yang menerapkan skema serangan balik berhasil memanfaatkan renggangnya pertahanan Maroko yang terpaksa menyerang untuk mencari gol penyama kedudukan. Pemain pengganti Randal Kolo Muani sukses menambah keunggulan mereka pada menit ke-79 memanfaatkan sekelumit di kotak penalti.

Kylian Mbappe meliuk-liuk di kotak terlarang sebelum melepaskan tembakkan lemah yang membentur bek Maroko. Randal Kolo Muani yang berada di sisi kanan gawang dengan mudah menyambar bola untuk membawa Prancis unggul 2-0.

Prancis mulai melambatkan temp permainan pasca gol tersebut. Maroko coba menyerang habis-habisan tetapi kesulitan menembus pertahanan solid Tim Ayam Jantan.

The Atlas Lions hampir memperkecil ketertinggalan pada menit 90+4'. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan bikin lini belakang Prancis pontang-panting. Ez Abde mendapatkan bola saat dirinya bebas di dalam kotak penalti dan lalu melepaskan sebuah tembakan, namun usahanya berhasil dihentikan dengan sangat baik oleh salah satu pemain bertahan lawan.

Namun, serangan gencar yang dilancarkan Maroko pada akhirnya tidak menghasilkan apapun. Skor 2-0 untuk kemenangan Prancis pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain Prancis vs Maroko

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.

Cadangan: Benjamin Pavard, Axel Disasi, Matteo Guendouzi, Randal Kolo Muani, Jordan Veretout, Steve Mandanda, William Saliba, Dayot Upamecano, Kingsley Coman, Alphonse Areola, Edouardo Camavinga, Marcus Thuram.

Pelatih: Didier Deschamps.

Maroko (5-4-1): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Romain Saiss, Noussair Mazraoui; Hakim Ziyech, Azz-Eddine Ounahi, Sofyan Amrabat, Sofiane Boufal; Youssef En-Nesyri.

Cadangan: Abderazak Hamdallah, Anass Zaroury, Abdelhamid Sabiri, Munir Mohamedi, Ilias Chair, Selim Amallah, Abdessamad Ezzalzouli, Ahmed Reda Tagnaouti, Bilal El Khannous, Badr Benoun, Yahia Attiyat Allah, Yahya Jabrane.

Pelatih: Walid Regragui. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel
Undercover Channel