Jika Terpilih Rektor Unila, Prof Lusmeilia Afriani Ingin Jadikan Kampus Hijau Center of Excellence Berlandaskan Pancasila

Bandar Lampung – Calon Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani mengatakan ingin menjadikan kampus hijau kebanggaan masyarakat Lampung menjadi center of Excellence di tingkat Nasional dan Internasional sebagai institusi yang kuat (Be Strong) berlandaskan nilai-nilai luhur budaya Nasional dan Pancasila. Visi itu akan diwujudkannya apabila diamanahkan menjadi rektor Unila periode 2023-2027.



Untuk mewujudkan visi itu, Lusmeilia Afriani, Selasa (20/12/2022) mengatakan akan menerapkan tridarma perguruan tinggi yang berkualitas guna menghasilkan sumber daya manusia yang adaptif dan fleksibel terhadap perubahan serta inovasi yang bermanfaat bagi peningkatan daya saing bangsa.

Lebih lanjut, alumni S3 Teknik Sipil, Universite de Nantes, France itu menjelaskan memiliki delapan program unggulan yang dinamainya ‘BE STRONG’.

Pertama, Sektor Bisnis, Keuangan, Investasi dan Aset. Aspek ini memegang peranan sangat penting untuk meningkatkan kemandirian Unila dalam meningkatkan pendapatan diluar UKT guna mewujudkan World Class University (WCU).

Kedua, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Program ini menurutnya bertujuan mewujudkan Universitas Lampung bangkit bersama dengan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa agar mampu melawan dan berkontribusi demi kemajuan Universitas Lampung.

Ketiga, Pelayanan Bagi Masyarakat. Salah satu pilar penting dalam pendidikan tinggi adalah pelayanan kepada pengguna dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat agar dapat memberikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan.

Keempat, pengajaran. Yaitu menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan melibatkan dunia usaha dan industri dunia dan pengguna lainnya dalam sebuah ekosistem merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) sebagai upaya penguatan profil pelajar Pancasila.

Kelima, Riset: Penguatan agenda riset yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan berbasis IPTEKS dalam rangka meningkatkan reputasi akademik.

Keenam, Kemitraan Organisasi yang dilakukan melalui kerja sama yang produktif, bermanfaat, dan berkelanjutan dengan dunia usaha dan dunia industri dan mitra lainnya di dalam dan luar negeri.

Ketujuh, Infrastruktur Jaringan. Ia akan meningkatkan dan mengembangkan digitalisasi kampus untuk mewujudkan World Class University (WCU).

Kedelapan Good University Governance. Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang transparan, akuntabel, kredibel, bertanggung jawab, dan adil berbasis manajemen risiko untuk mewujudkan organisasi yang kuat dan lincah.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel