Berhasil Tingkatkan Produktivitas 3 Tahun Berturut-Turut, 9 Perusahaan Terima Anugerah Siddhakarya dari Gubernur Arinal

BANDARLAMPUNG -------- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan Penganugerahan Produktivitas Siddhakarya Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 kepada 9 perusahaan/ pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kategori unggul dan berkembang, di Aula Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur, Rabu (14/12/2022) malam.


Siddhakarya sendiri merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada perusahaan karena berhasil meningkatkan produktivitasnya selama 3 tahun berturut-turut.

Dari 9 perusahaan penerima Siddhakarya, 6 perusahaan/UKM di Provinsi Lampung dengan kategori unggul yaitu PT. Sugar Labinta, PT. Konverta Mitra Abadi, CV. Restu Bunda, LPK Farafi, Kakanova Cake & Cookies dan Rafins Snack.

Sedangkan 3 perusahaan/UKM dengan kategori berkembang yaitu Telaga Rizqy, Alfira Collection dan LPK House of Learning Rhino.

Penghargaan juga diberikan kepada para Bupati/Walikota berupa Lencana Pembina Produktivitas yang perusahaan diwilayahnya tersebut mendapat kategori unggul. Juga kepada Kota Bandar Lampung dan Metro serta Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Pringsewu.

Penghargaan ini juga sebagai upaya memotivasi kepada pengusaha agar melakukan berbagai upaya peningkatan produktivitas sampai mencapai standar of excellence in quality (usaha unggul).

"Selamat kepada para penerima Siddhakarya, sekaligus harapan agar perusahaan yang menerima penghargaan semakin berkembang dan mampu memotivasi perusahaan lain untuk terus berkarya ditengah berbagai tantangan (menembus global)," ujar Arinal

Hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Menteri Ketenagakerjaan Bidang Hubungan Antar Lembaga Ruslan Irianto Simbolon.

Arinal mengatakan meski dalam situasi pandemi Covid-19, masih banyak perusahaan yang adaptif mampu menyesuaikan diri dengan perubahan.

"Sehingga produktivitasnya tetap terjaga dan tetap dapat berdaya saing tinggi," katanya.

Arinal menjelaskan Siddhakarya ini merupakan satu bentuk upaya dari pemerintah dalam rangka mendorong perusahaan kecil, menengah maupun besar untuk berlomba-lomba meningkatkan produktivitasnya.

Menurutnya, produktivitas ini merupakan indikator penting dalam aktivitas ekonomi, yang merupakan tenaga penggerak paling ampuh bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara dan pertumbuhan usaha pada tingkat perusahaan.

"Kondisi inilah yang menjadi sumber penciptaan lapangan kerja dan sekaligus sumber peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat atau pekerja dan keluarganya," ujarnya.

Melalui Penganugerahan Siddhakarya, Arinal berharap menjadi pemicu untuk terus meningkatkan produktivitas dan daya saingnya.

"Bekerja keras penuh inovasi, prestasi diraih tingkatkan ekonomi," katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Ketenagakerjaan Bidang Hubungan Antar Lembaga Ruslan Irianto Simbolon menyampaikan apresiasi atas berbagai penghargaan yang diraih oleh Provinsi Lampung dibawah kepemimpinan Gubernur Arinal.

"Kami mengapresiasi atas capaian prestasi Lampung dibawah kepemimpinan Bapak Gubernur dengan berbagai raihan penghargaan dari pemerintah pusat maupun lembaga kredibel," ujar Ruslan.

Ruslan menyebutkan khususnya dibidang ketenagakerjaan seperti Paramakarya dan penghargaan selaku pembina atas upaya penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas di dunia kerja inklusif.

"Lampung terus mencatat prestasi dan sangat cepat progres pembangunannya," katanya.

Menurutnya, Lampung juga memiliki berbagai inovasi melalui program-program yang memanfaatkan teknologi informasi diantaranya Kartu Petani Berjaya (KPB) dan aplikasi SiGajah Lampung (Sistem Informasi Ketenagakerjaan Daerah Lampung).

Ruslan menuturkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Lampung juga terus menurun dengan naiknya jumlah angkatan kerja serta partisipasi angkatan kerja.

"Lampung akan terus mengejar keberhasilan dan kemajuan," ujarnya. (Adpim)

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel