1.700 Relawan Bakal Voting Cari Pengganti Jokowi di Musra XI Lampung Besok

Musyawarah Rakyat (Musra) XI di Lampung yang akan digelar di GOR PKOR Way Halim, Bandar Lampung diperkirakan akan dihadiri 1.700 relawan dan masyarakat, Minggu (18/12) besok.



Ketua Panitia Pengarah Musra XI Lampung Abu Hasan mengatakan, kegiatan akan dihadiri oleh Ketua Panitia Nasional Panel Barus.

"Agenda utamanya menghimpun keinginan elemen masyarakat terkait calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada Pemilu Presiden 2024," kata Abu Hasan, Sabtu (17/12).

Ia melanjutkan, nantinya hasil Musra dapat menjadi tolak ukur elit di atas mengenai aspirasi dan harapan masyarakat di bawah. Sistem yang dipakai nantinya berupa e-voting dan voting manual.

Koordinator Pelaksana Musra XI Lampung Faisol Sanjaya menjelaskan, e-voting akan dilakukan oleh peserta yang memiliki smartphone dan akan dihitung oleh panita pusat.

"Vote manual dilakukan dengan kertas suara, dihitung dan diumumkan langsung setelah acara," ujar Sekretaris Sekretaris Barisan Relawan Jalan Perubahan (DPD Bara JP) Lampung ini.

Ia menegaskan, suara yang muncul nantinya adalah murni suara rakyat, pihaknya sebagai panitia hanya sebagai fasilitator, bukan untuk mengarahkan kepada calon tertentu.

"Nanti hasil voting akan diumumkan, peluangnya bisa siapa saja baik tokoh nasional, tokoh lokal maupun keinginan Jokowi 3 periode," ucapnya.

"Hasil Musra se-indonesia nantinya akan diakumulasikan, yang tertinggi akan disodorkan 1, 2, dan tiga terbanyak sebagai rekomendasi ke pusat. Tidak hanya satu nama, karena penentunya tetap partai politik," kata dia lagi.

Menurutnya, poin kegiatan ini adalah ingin memunculkan nama dari arus bawah seperti partai politik dan lembaga survei di tingkat atas. Titik akhirnya juga bukan hanya melahirkan nama capres dan cawapres, melainkan juga memberikan rekomendasi program-program kepada calon pemimpin mendatang.

Organisasi relawan Jokowi yang terlibat dalam Musra XI Lampung di antaranya, Projo, Jaman, Relawan Buruh Sahabat Jokowi, Seknas Jokowi, Bara JP, Abimanyu, Sekber JN, JPKP, Badjo, Aeken di tambah anggota baru Pujakusuma.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel
Undercover Channel