Sempat Tak Lolos SBMPTN, Mendag Zulkifli Hasan Titip Keponakan Jalur Mandiri Unila,

BANDAR LAMPUNG -: Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, diketahui menitipkan satu keponakannya ke Rektor Universitas Lampung (Unila) non aktif Karomani, untuk diloloskan ke Fakuktas Kedokteran lewat jalur mandiri. Selain itu, Zulkifli Hasan juga disebut menyetorkan infak.



-
Hal itu terungkap, saat Karomani menjadi saksi dalam kasus suap Unila terhadap terdakwa Andi Desfiandi, di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Bandar Lampung, Rabu (30/11/2022). Ada pun keponakan Zulkifli Hasan yang dititipkan tersebut berinisial ZAG.

Awal mula Karomani mengetahui ada keponakan Zulkifli Hasan ingin masuk Fakultas Kedokteran, saat Ketua Apindo Lampung Ari Meizari, memperlihatkan tangkapan layar pesan antara Ari Meizari dengan Zulkifli Hasan. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menitipkan seorang keponakannya ZAG, lewat Ari Meizari.

"Saat itu diceritakan Ari Meizari, itu keponakan Zulkifli Hasan tolong dibantu. Tapi saya jelaskan, sepanjang nilai passing gradenya mencukupi di atas 500 dan juga sesuai SPI, pasti lolos," kata Karomani dalam persidangan.

Karomani juga ditanya, apakah ada titipan infak dari Zulkifli Hasan, Karomani mengaku tidak tahu, karena uang itu diterima orang kepercayaannya bernama Mualimin. Setelah itu, keponakan Zulkifli Hasan dinyatakan lolos.

Sebelumnya, keponakan Zulkifli Hasan pernah mendaftar dan dititipkan lewat jalur SBMPTN, namun tidak lolos. Hal itu karena nilai passing gradenya kurang dari 500, namun menariknya, Karomani baru mengetahui passing grade keponakan Zulkifli Hasan nilainya hanya 480, saat dikasih tahu Tim Penyidik KPK.

"Nilai dia di bawah 500 baru saya tahu setelah penyidikan, karena saya tidak mengceknya satu persatu. Kalau saya tahu dari awal nilainya di bawah 500, pasti saya batalkan," kata Karomani.

Sebelumnya, Rektor Unila non aktif Karomani, mengaku dititipi 22 nama calon mahasiswa pada jalur mandiri. Dari 22 nama itu, ada Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, hingga tiga anggota DPR RI yakni Utut, M. Khadafi, dan Tamanuri turut menitipkan untuk diloloskan ke Fakultas Kedokteran Unila. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post