Sekdaprov Ajak ASN Lampung Kembangkan Kapasitas dan Bangun Inovasi

Gubernur Lampung melalui Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto mengajak ASN mengembangkan kapasitas dan membangun inovasi untuk menjawab tantangan perubahan.



Hal itu disampaikan Fahrizal saat membuka acara Pengembangan Kapasitas Pegawai atau Capacity Building Bagi Pengampu Inovasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Selasa (29/11/2022).

"ASN harus bisa membangun kompetensi diri, mengembangkan inovasi, mendeteksi perubahan-perubahan serta menjawab perubahan itu," ujar Fahrizal.

Fahrizal mengatakan sebagai ASN, harus bisa berkreativitas mengikuti perubahan sehingga tetap bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat bahkan disaat kondisi sulit seperti saat pandemi covid-19.

"Kita kaget saat pandemi covid-19 yang sebelumnya kita tidak pernah tahu. Disinilah diluar posisi normal atau diluar kebiasaan, kita harus putar otak mencari inovasi sehingga tetap bisa memberikan pelayanan terbaik," katanya

Fahrizal mendorong ASN juga harus melakukan inovasi seperti akibat dampak dari pengaruh global atau dampak perubahan alam.

"Kita harus peka terhadap kemungkinan perubahan yang akan terjadi. Seperti perubahan akibat bisnis yang terjadi dimasyarakat juga harus kita perhatikan, harus kita jawab dan respon apa yang bisa diperbuat oleh pemerintah, misalnya yang mengakibatkan peningkatan pengangguran dan inflasi," katanya.

Fahrizal mengatakan pesan Gubernur Lampung bagaimana ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung benar-benar membangun inovasi pada tugasnya masing-masing.

"Kalau ada sesuatu hal terjadi, kita sudah punya rencana, sehingga kita lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan itu," katanya.

Ia menyebutkan ruang untuk berinovasi ini dibuka seluas-luasnya didalam menyusun program kerja, kegiatan dan target masing-masing instansi demi mewujudkan visi Rakyat Lampung Berjaya.

"Bagaimana kita menerjemahkan Rakyat Lampung Berjaya pada pelaksanaan tugas kita. Inovasi apa yang harus dikembangkan dalam tugas, sehingga visi itu tercapai," ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh para Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Hadir juga pada kesempatan itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis dan narasumber yaitu Adi Suhendra dari Pusat Litbang Inovasi Daerah, Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel