Alasan Prof Asep Sukohar Daftar Balon Rektor Unila

Prof. Asep Sukohar yang turut diperiksa kasus korupsi Rektor Nonaktif Karomani mengungkapkan alasan mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor Unila di Ruang Senat, Lantai Tiga Gedung Rektorat, Selasa (29/11/2022),
pukul 10.20 WIB.



Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes mengatakan maju sebagai bakal calon rektor karena adanya dukungan kuat dari para senator dan tokoh masyarakat.
Dukungan tersebut yang menjadikan motivasinya untuk turut mencalonkan diri pada Pilrek Unila saat ini. Dia mengatakan jika terpilih akan menciptakan ekosistem unggul Unila yang bermartabat dan berdaya saing melalui kolaborasi dan inovasi menuju Indonesia Emas 2045.

“Saya tekankan kolaborasi. Jadi bagaimana kita membangun kolaborasi dan bisa merangkul semua pihak karena Unila harus maju melalui beragam kolaborasi,” ujarnya seperti dilansir Unila.co.id.

Visi ini diakuinya merupakan hasil terjemahan dari Impian Indonesia 2015-2085 dan empat pilar visi Indonesia 2045 yang dicanangkan Presiden RI serta visi Unila berdasarkan RPJP Unila 2020 – 2045.

Bakal calon rektor lainnya, Dr. Ayi mengatakan alasan dirinya mendaftar menjadi bakal calon rektor karena ingin membawa Unila bertransformasi menjadi universitas berkelas dunia.
Sementara itu Prof. Hamzah mengatakan, tujuan dirinya mencalonkan diri ialah untuk meningkatkan citra Unila secara bermartabat tanpa melupakan tatanan kearifan lokal masyarakat Lampung.
Di lain sisi Prof. Suharso menyampaikan, alasannya mencalonkan diri pada pemilihan kali ini adalah untuk melanjutkan program dan inovasi yang belum selesai.

Delapan bakal calon rektor:
1. Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Murhadi, M.Si.
2. Dekan FEB Nairobi.
3. Ketua Program Studi S-2 MIE Unila Dr. Marselina.
4. Ketua LPPM Prof. Lusmeilia Afriani.
5. Kepala UPT PKLI Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A.
6. Dosen FH Prof. Dr. Hamzah, S.H., M.H.
7. Wakil Rektor Bidang PKTIK Prof. Ir. Suharso, Ph.D.
8. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes.

Ketua Pelaksana Pilrek Unila, Prof Abdurrahman mengatakan tahap pilrek berikutnya seleksi administrasi 25 November hingga 30 November 2022. Hasil seleksi administrasi akan diserahkan ke Senat Unila oleh panitia Pilrek pada 5 Desember 2022.

Penetapan Bakal Calon Rektor Unila akan diumumkan Senat Unila pada Selasa (6/12/2022).

Selanjutnya, Bakal Calon Rektor Unila akan menyerahkan visi, misi dan program kerja pada 7-8 Desember, sosialisasi Bakal Calon Rektor Unila 7-14 Desember, penyampaian program kerja bakal calon rektor dihadapan sivitas akademika pada 20 Desember.

Lalu penyampaian visi, misi, dan program kerja bakal calon rektor pada 22 Desember, penilaian dan penetapan tiga calon rektor oleh senat dalam rapat senat tertutup pada 22 Desember, penyampaian tiga nama calon rektor kepada Kemendikbud Ristek pada 23 Desember.

Tahap pemilihan dimulai dengan pengumuman tiga calon rektor pada 23 Desember, sosialisasi calon rektor 23-27 Desember, pemilihan calon rektor dalam rapat senat tertutup 28 Desember - 6 Januari 2023.

Kemudian, pengiriman hasil pemilihan calon rektor dilakukan satu hari setelah pemilihan dan penetapan dan pelantikan rektor terpilih oleh Kemendikbud Ristek pada Januari 2023.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel