6 TV Membandel , Akhirnya Matikan Siaran Analog

Pemerintah telah secara resmi mengumumkan Analog Switch Off (ASO) dimulai pada 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.



Walau migrasi dari TV analog ke digital itu berjalan lancar, ternyata masih ada stasiun TV swasta yang tidak mengalihkan siarannya ke digital.

Ke-7 stasiun TV swasta yang bersikeras tetap menyiarkan siaran secara analog tersebut, antara lain RCTI, Global TV, MNC TV, iNews TV, ANTV, TV One, dan Cahaya TV.

Setelah mendapatkan teguran dari Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika), dan Menko Polhulkan Mahfud Md, ke-6 TV swasta tersebut akhirnya mematuhi pelaksanaan ASO.

Lewat keterangan resmi yang disebar, Kamis (3/11/2022), MNC Group (mewakili RCTI, MNCTV, iNews, dan Global TV) akhirnya akan mematikan siaran TV analog dan beralih ke digital.

Disebutkan, pihak MNC Group mulai mematikan siaran TV analog mereka pada hari ini, Kamis 3 November 2022.

Meski taat atas permintaan pemerintah, pihak MNC Group menyebutkan akan mengajukan tuntutan secara perdata dan/atau pidana sesuai hukum yang berlaku.

Hal serupa juga diinformasikan oleh pihak PT. Visi Media Asia Tbk (Viva) sebagai induk usaha dari ANTV dan TV One.

Seperti MNC Group, pihak VIVA pun mengikuti anjuran pemerintah lewat Menko Polhulkan untuk mulai migrasi siaran analog mereka ke TV digital pada hari ini.

Diketahui, keduanya mulai menghentikan siaran analog mereka pada jam 24.00 WIB.

Menkominfo, Johnny G. Plate memberi sambutan saat acara Hitung Mundur Penghentian Siaran TV Analog di halaman Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Kamis (3/11/2022) dini hari. Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan dengan dihentikannya siaran TV analog (Analog Switch Off/ASO) dan migrasi ke TV digital, akan lebih beragam konten penyiaran di televisi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, mengatakan dengan dihentikannya siaran TV analog (Analog Switch Off/ASO) dan migrasi ke TV digital, akan lebih beragam konten penyiaran di televisi.

Hal ini disampaikan Johnny dalam acara Hitung Mundur Penghentian Siaran TV Analog di Jabodetabek pada Kamis (3/11/2022) dini hari di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta.

Peralihan siaran TV analog ke TV digital merupakan bagian dari agenda pemerintah untuk mendigitalisasi bidang penyiaran.

Post a Comment

Previous Post Next Post