Seekor Gajah Jantan Ditemukan Mati di Area Rawa Pusat Latihan TNWK Lampung Timur

SUKADANA - Seekor gajah jinak jantan, ditemukan mati di areal rawa Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Minggu (30/10/2022). Gajah tersebut, diperkirakan masih sangat muda, karena gadingnya masih terlihat kecil.



Saat dievakuasi, kondisi gajah malang itu masih sangat segar, menandakan kematian gajah belum lama masih hitungan jam. Namun semua orang yang ada di lokasi saat mengevakuasi gajah dari rawa, tidak ada satu pun yang mau memberikan keterangan.

Evakuasi gajah ditarik menggunakan mobil dan tambang besar, yang melilit pada leher gajah. Sementara gajah dewasa lainnya, membantu mendorong dari belakang.

Evakuasi gajah yang mati dari areal rawa menuju daratan, membutuhkan waktu sekitar 40 menitan. Setelah selesai dinaikkan ke daratan, gajah itu dibawa ke Rumah Sakit Gajah yang tidak jauh dari lokasi kematian gajah.

Saat di Rumah Sakit Gajah, tampak seorang perempuan yang diketahui dokter gajah Balai TNWK sedang menyiapkan peralatan autopsi. "Saya lagi bekerja dan saya tidak bisa memberikan keterangan apapun sebelum ada petunjuk dari Kepala Balai," kata dokter gajah Balai TNWK itu, dilansir Suara.com (jaringan media Lampungpro.co), Senin (31/10/2022).

Beberapa peralatan yang disiapkan yang disiapkan untuk autopsi diantaranya ada kapak, gergaji besi, terpal plastik, senter, dan berbagai peralatan medis yang berada dalam brangkas plastik. Sementara hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Kepala Balai TNWK Kuswandono terkait kematian gajah tersebut. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post