Komjen Pol. Tomsi Tohir Mulang Pekon disambut Prosesi Adat Kepaksian Pernong Sekala Brak

LAMPUNG BARAT - Masyarakat Adat Kepaksian Pernong Sekala Brak, unsur Pemerintah Daerah (Pemda) dan Forkompimda Lampung Barat (Lambar) menyambut kedatangan Komjen Pol Drs.Tomsi Thohir Balaw, M.Si pada Sabtu - Minggu (1 - 2/10/2022).



Dalam acara Mulang Pekon (pulang kampung) dan ngattakko Tikham ni hati Inspektur Jenderal (Itjen) Kemendagri itu juga ada

Pemberian penghargaan lencana kerajaan emas tulus penghakhi dari Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung untuk Dr. Ari Yusuf Amir, SH, MH sekaligus pemberian gelar adat. Serta ada juga penyerahan Pin dan Tanda Penghargaan dari Sultan Sekala Brak XXIII SPDB Pangeran Edward Syah Pernong diantaranya kepada Ipda. Furqon Saibatin Singajuru, STr.K, Ipda. Farhan Syah Singajuru, STr.K dan Ipda. Algy Ferlyando Seiranausa.



Dalam rangka mulang pekon ini, Atin begitu Tomsi Tohir akab disapa beserta keluarga besar juga melakukan ziarah kubur di Luah Batin Tambak Bata dan dilanjutkan dengan Syukuran, bertempat di Ruang Margasana Istana Gedung Dalom Kepaksian Pernong Sekala Brak.

Helat adat syukuran ini digelar masyarakat adat Kepaksian Pernong atas Kenaikan Pangkat Atin Tomsi menjadi Komisaris Jenderal Polisi dan ditempatkannya sebagai Inspektur Jenderal di Kemendagri.

Turut hadir Dr. Ari Yusuf Amir, SH, MH (Senior Advocate), Dr. H. R. Erwin Moeslimin Singajuru, SH, MH bersama Kedua Putranya yakni Ipda. Furqon Saibatin Singajuru, STr.K, Ipda. Farhan Syah Singajuru, STr.K, Kolonel Laut Thamrin Fierly bersama Putra nya dan Ipda. Algy Ferlyando Seiranausa, S.Tr.K, dari Buay Pematang Ribu Marga Ranau, Hamid Basyaif, Yanto Tasik, Oking Ganda Miharja, Resmen Kadafi, Nizwar Affandi, Pejabat Forkompimda Lampung Barat (Ketua DPRD, Kapolres Lambar), Wakil Bupati Lampung Barat, Drs. Mad Hasnurin, Sekda Lampung Barat Drs. Nukman, MM, Kadis Porapar Burlianto Eka Putra, SH, Para Raja Jukkuan Paksi, Para Panglima, Bahatur dan Tamu VVIP lainnya.

Usai acara penyambutan serta ziarah Kubur, dan pada malam harinya dilanjjutkan dengan makan bersama serta menyaksikan seni tradisi Khas Sekala Bekhak yang turut dihadiri oleh Tokoh Lambar yang juga Anggota DPR RI Dapil Lampung I Drs. Mukhlis Basri dan Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dan unsur forkompimda serta dihadiri oleh segenap masyarakat adat Kepaksian Pernong Sekala Brak. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post