Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Tinjau Lokasi dan Para Korban Banjir

SIDOMULYO, Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto turun langsung meninjau lokasi banjir yang diakibatkan hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lampung Selatan sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, (27/10/2022).



Diketahui, terdapat 3 Kecamatan yang desanya terdampak banjir, kecamatan Kecamatan Katibung, Kecamatan Candipuro serta Kecamatan Sidomulyo.

Desa terdampak diantaranya, Desa Campang Tiga, Desa Talang Baru, Desa Sukabanjar, Desa Kota Dalam, Desa Sukamaju, Desa Sidodadi, Desa Suak, Desa Tarahan dan Desa Rangai Tri Tunggal serta benerapa desa di wilayah Kecamatan Candipuro.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto saat di lokasi peninjauan mengatakan, musibah ini menjadi pelajaran untuk semua, bagaimana pentingnya menjaga alam dan lingkungan.

Musibah tidak akan pernah tahu kapan akan datang, akan tetapi, kita semua harus memiliki tanggung jawab serta kesadaran penuh untuk bersama-sama menjaga alam dan lingkungan sekitar.

“Kita juga harus menjaga alam dan lingkungan kita, jangan buang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan ataupun hal lainnya yang nantinya akan mendatangkan musibah, contohnya seperti banjir dini,”ujarnya.

Nanang meminta, kepada seluruh masyarakat untuk melakukan penghijauan kembali, dengan menanam pepohonan, air dapat lebih mudah meresap.

“Saya menghimbauan untuk kita bersama-sama melakukan penghijauan kembali pada lingkungan kita. Sayangi alam, kalau kita menjaga dan menyayangi alam maka alam tersebut akan menyayangi dan melindungi kita kita juga,”pintanya.

Nanang mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat baik dari jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten, Kecamatan maupun Desa, dari TNI/Polri, PLN dan unsur lainnya, hadir bersama-sama ditengah masyarakat, semua hadir turut merasakan atas terjadinya musibah banjir ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah membantu masyarakat kita ini, saya juga berterima kasih kepada Ibu-ibu PKK yang juga sigap membantu dan hadir ditengah masyarakat yang sedang mengalami musibah, dengan membuka dapur umum. Kita semua hadir bersama-sama untuk saling membantu dan bergotong-royong,” ucapnya.

Saat ditempat lokasi peninjauan, nampak Bupati Lampung Selatan juga memberikan bantuan kepada warga sekitar yang salah satunya bernama Ali, warga desa Suak yang rumahnya roboh akibat diterjang banjir.

“Jadi ini ada bantuan dari pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, berupa paket sembako serta karpet. Mudah-mudahan ini dapat membantu meringankan beban warga yang terkena bencana,” ucapnya.

Bupati Lampung Selatan bersama jajaran juga melayat kerumah orang tua dari korban meninggal dunia yang diketahui kakak-beradik yakni Rohimah (15) dan Romlah (12) yang terkena dampak banjir dengan ketinggian mencapai 2 meter.

Tidak lupa, Bupati Lampung Selatan pada kesempatan tersebut juga meminta kepada aparatur desa untuk berkoordinasi dengan pihak PLN ranting Lampung Selatan guna mengantisipasi adanya aliran arus pendek yang diakibatkan oleh konsleting jaringan listrik yang terendam oleh air.

”jangan sampai nanti ada konsleting listrik, jadi saya meminta untuk pihak PLN untuk tanggap mengatasi hal tersebut, termasuk untuk segera dihidupkan kembali,”pintanya. (lmhr/nsy)

Post a Comment

Previous Post Next Post