Pemerintah Provinsi Lampung Melalui Dinas Perindag Gelar Pasar Lelang Capai Transaksi 283 Juta

Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar kegiatan Pasar Lelang Komoditas yang diadakan di D' Green hotel pada hari Rabu, 14 September 2022 dengan sukses meraih transaksi 283.000.000



Nilai transaksi Pasar Lelang diraih dari transaksi penjualan komiditi arang batok sebanyak 40 ton dengan nilai transaksi 240.000.000 , komiditi beras premium 1 ton dengan nilai transaksi 10.000.000, komoditi kelapa butir sebanyak 10 ton dengan nilai transaksi dengan nilai 30.000.000,Komoditi Grean Bean sebanyak 100 kg dengan nilai transaksi 3.000.000.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perindag dalam hal ini diwakili oleh Kabid PDN M. Zimmi Skil mengatakan Sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung menjelaskan acara kegiatan pasar lelang digelar oleh Kementerian Perdagangan melalui badan pengawas perdagangan berjangka komoditi atau Bappebti yang telah menyusun dan melaksanakan tiga pilar program utama yaitu pasar lelang komoditi agro, sistem resi gudang dan bursa komoditi berjangka.

Pasar lelang komoditi merupakan salah satu sarana memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi perdagangan.

"Pasar lelang ini bertujuan untuk mengefisienkan rantai pemasaran, memperkuat posisi produsen, dalam hal ini petani / pabrik untuk memperoleh harga yang layak, dan transparansi dalam proses pembentukan harga komoditas, " ujar Kadis Perindag melalui Kabid PDN M. Zimmi Skil.

Menurutnya Tujuan dari pasar lelang ini selaras dengan salah satu agenda kerja utama pemerintah provinsi Lampung yaitu program kartu petani berjaya atau KPB Program ini bertujuan memberikan kemudahan kepada petani dalam memenuhi kebutuhan sarana produksi, budidaya, pemasaran hasil, dan akses Permodalan sehingga secara bertahap dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nya.

"Program kartu petani berjaya di implementasikan untuk mewujudkan salah satu misi yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah Perkotaan guna mewujudkan visi rakyat Lampung berjaya, " Pungkasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post